BISNIS
Trending

55 Tahun Sharp Electronics Indonesia Melayani dengan Hati

RadarKarawang.id – Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1970, Sharp Electronics Indonesia selalu melayani dengan hati, dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia.

Sharp berkomitmen untuk melayani dengan sepenuh hati melalui prinsip “Omotenashi”, filosofi Jepang yang mengutamakan pelayanan tulus dan perhatian yang mendalam.

Omotenashi bukan hanya pedoman dalam bisnis, tetapi juga jiwa dari setiap produk dan layanan yang Sharp berikan kepada masyarakat Indonesia.

Lebih dari 55 tahun perjalanan Sharp di Nusantara, Sharp bukan sekadar merek yang mengedepankan pencapaian bisnis, namun juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Pada 5 Maret 2025, Sharp merayakan 55 tahun perjalanan Sharp yang penuh inovasi dan hubungan emosional yang kuat antara merek Sharp dan konsumen setianya.

“55 tahun perjalanan Sharp bukan sekadar angka, tetapi sebuah perjalanan penuh makna. Sharp bertekad untuk terus berinovasi dan memberikan kenyamanan lebih baik untuk keluarga Indonesia,” ucap Shinji Teraoka, Presiden Direktur Sharp Electronics Indonesia.

Perjalanan Sharp dimulai pada tahun 1971 dengan peluncuran televisi hitam-putih pertama di Indonesia, yang menjadi langkah pertama dalam transformasi teknologi tanah air.

Seiring berjalannya waktu, Sharp tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga solusi inovatif yang membawa kenyamanan bagi kehidupan sehari-harimulai dari televisi, kulkas, AC, mesin cuci hingga teknologi penjernih udara, peralatan dapur, dan smartphone.

Baca juga: Peraturan Gubernur Larangan Alih Fungsi Lahan Digarap

Setiap inovasi, seperti TV LED 8K dan Plasmacluster Ion, teknologi penjernih udara, hadir dengan tujuan mulia yaitu, memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pada tahun 2014, Sharp Indonesia memindahkan pabriknya dari Pulogadung ke Karawang International Industrial City (KIIC), yang kini menjadi pusat produksi utama untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia serta ekspor.

Pabrik-pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 31 hektar dan mencakup empat lini produksi utama, yaitu lemari es, mesin cuci, TV, dan AC. Sejak awal beroperasi, pabrik-pabrik ini telah mencapai pencapaian yang luar biasa.

Hingga saat ini, pabrik lemari es Sharp telah memproduksi lebih dari 27 juta unit, sementara pabrik mesin cuci telah menghasilkan sekitar 14 juta unit.

Pabrik LED TV Sharp juga mencatatkan lebih dari 7 juta unit produksi, dan pabrik AC mencapai angka produksi 1,2 juta unit.

Keberhasilan Sharp di Indonesia tidak hanya tercermin dari pencapaian produksi saja, namun juga dari dominasi pangsa pasar yang kuat. Berdasarkan data Januari 2025, Sharp memimpin pasar lemari es dengan pangsa pasar mencapai 32,6%.

Selain itu, Sharp juga menunjukkan kekuatan di kategori mesin cuci dan AC, dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 26,1% dan 22,7%, serta TV yang meraih 14,1%. Pencapaian ini menegaskan posisi Sharp sebagai pemimpin di industri elektronik rumah tangga.

Komitmen Sharp untuk terus berinovasi dan memberikan produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia menjadi kunci keberhasilan perusahaan ini dalam mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di pasar elektronik.

Kesuksesan Sharp tentunya tidak terlepas dari kesetiaan konsumen setianya. Dalam rangka merayakan 55 tahun keberadaannya, Sharp Indonesia mempersembahkan berbagai penawaran menarik sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen setia Sharp.

Pada tanggal 12 16 Maret 2025, Sharp menggelar pameran bertajuk Omotenashi #DenganHati di Mall Kota Kasablanka, Food Society, Ground Floor, Jl. Raya Casablanca no Kav 88, Tebet, Jakarta Selatan.

Bekerja sama dengan Electronic City (EC) sebagai official dealer, Sharp menghadirkan produk-produk teranyar dan memberi kemudahan bagi konsumen untuk memiliki produk Sharp dengan penawaran menarik seperti cicilan 0% kartu kredit,

cicilan bunga spesial 0%, hadiah langsung produk tertentu tanpa diundi, Lucky Dip dengan pembelanjaan minimal Rp. 3 juta, flash sale pada jam-jam tertentu, tukar tambah, dan bebas ongkos pengiriman.

Selama acara, Sharp pun menyelenggarakan berbagai kegiatan seru dan edukatif. Pada 14 Maret 2025, Sharp menggelar Smartphone Photography Workshop bersama YouTuber dan fotografer profesional Enche Tjin,

dilanjutkan dengan Cooking Battle bersama Chef Yongki pada 15 Maret 2025, dan Talkshow kesehatan yang mengangkat tema Kesehatan Saluran Pernapasan pada 16 Maret 2025.

Kegiatan ini berlangsung sejak pukul empat sore hingga waktu berbuka.

Lebih dari sekadar produk dan promosi, Sharp juga selalu menekankan pentingnya kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Sharp Bersedekah program tahunan Sharp di bulan Ramadan turut memeriahkan perayaan hari jadi nya yang 55 tahun.

Tonton juga: Salju Abadi di Atap Indonesia

Sharp Bersedekah tahun ini mengangkat tema Masak Besar #DenganHati, merupakan inisiatif Sharp yang melibatkan stakeholder untuk memasak dan membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan,

sebuah aksi yang tidak hanya menginspirasi, tetapi juga memperlihatkan komitmen Sharp terhadap kesejahteraan sosial. (psn)

Related Articles

Back to top button