Karawang

Pasien Adalah Raja

KARAWANG, RAKA – Adanya informasi perihal kebersihan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang yang kurang bersih, dan dihujat Netizen di jejaring sosial ditepis oleh Unit Hukmas dan Promkes RSUD Karawang. Pasalnya petugas kebersihan berlakukan proses kebersihan tiap dua jam sekali.

“Saya lihat banyak perubahan di rumah sakit ini perihal kebersihan ketimbang tahun-tahun sebelumnya,” kata Puspo Handoko (43) warga Perumahan Purwasari, Kecamatan Purwasari kepada Radar Karawang, Kamis (28/3).

Menurutnya, rumah sakit sudah konsisten memberikan pelayanan yang baik dan bisa langsung dilihat oleh pasien dan keluarga pasien. Dirinya pun mengaku hampir di tiap jam petugas kebersihan lakukan pembersihan, meski kondisinya tengah ramai oleh pengunjung rumah sakit.

Di tempat terpisah, Kepala bidang Hukmas dan Promkes RSUD Karawang Ruhimin menyampaikan, persoalan kebersihan bukan saja menjadi kewajiban para petugas kebersihan, tetapi sudah menjadi kewajiban semua orang. Dirinya pun menegaskan agar petugas kebersihan bisa profesional dan menyadari bahwa pasien dan keluarga pasien adalah raja. 

“Karena RSUD Karawang memberikan pelayanan kepada masyarakat, makanya saya sering mengingatkan agar petugas kebersihan dan petugas keamanan rumah sakit, juga bisa bertindak profesional dan harus bisa bijak tanpa harus memberikan sikap yang ketus kepada pasien maupun keluarga pasien,” jelasnya.

Berbeda dengan yang dikatakan salah satu petugas kebersihan RSUD, Aldo (30) menurutnya kepedulian rumah sakit sudah sangat maksimal, namun pasien atau keluarga pasien malah kurang menyadari arti penting kebersihan bagi lingkungan.

“Menjaga sikap agar membuat lingkungan lebih bersih memang sudah menjadi kewajiban setiap insan. Kami sangat dituntut untuk bisa menjalankan tugas kami sebagai petugas kebersihan rumah sakit umum daerah,” katanya. (yfn)

Related Articles

Back to top button