SERAHKAN JHT : Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karawang Erizal Feri (kedua dari kanan) menyerahkan Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua kepada ahli waris dari peserta yang meninggal karena sakit.
KARAWANG, RAKA – BPJS Ketenagakerjaan Karawang memperingati Hari Pelanggan Nasional dengan memberikan pelayanan yang berbeda untuk peserta. Dengan tema “Seru, Senyum Ramah Untukmu”, BPJS Ketenagakerjaan Karawang menyulap ruang pelayanan peserta menjadi bernuansa kafe.
Peserta yang datang ke BPJS Ketenagakerjaan Karawang pada tanggal 4 dan 5 September 2019 mendapatkan pelayanan berbeda dari biasanya. Selain dekorasi ruang pelayanan yang disulap menjadi kafe masa kini, disajikan pula live music, kopi hangat, teh hangat, snack, pemeriksaan kesehatan gratis, dan souvenir bagi peserta yang beruntung. Menunjang dekorasi kafe masa kini yang ada di ruang pelayanan, karyawan dan karyawati BPJS Ketenagakerjaan Karawang bergaya dengan menggunakan kostum barista pada hari pertama dan kostum profesi milenial pada hari kedua.
Peserta yang hadir pun terlihat antusias dengan pelayanan yang diberikan. Iis Rosani salah satunya, mengungkapkan rasa puasnya terhadap layanan dari BPJS Ketenagakerjaan. “Saya senang ada jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan, Insha Allah nanti mau saya pakai untuk usaha. Saya juga kaget pas dateng suasana di ruangan beda dari hari biasanya setelah bertanya ternyata pas hari Pelanggan Nasional kami pelanggan diberikan jamuan ekstra seperti ada kue, kopi, teh bahkan disediakan pengecekan kesehatan gratis,” ungkapnya.
Salah satu acara dalam rangkaian peringatan Hari Pelanggan Nasional adalah penyerahan secara Simbolis Santunan Kematian sebesar Rp241.777.104.
Jaminan Hari Tua sebesar Rp19.218.360, dan Jaminan Pensiun sebesar Rp341.400 setiap bulannya oleh Kepala Bidang Pelayanan, Eny Chaerani kepada Utari selaku ahli waris dari Adi Sobar (Alm) karyawan PT Mesindo yang meninggal akibat kecelakaan kerja.
Erizal Feri selaku Pps. Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Karawang mengungkapkan bela sungkawanya kepada keluarga Alm. Adi Sobar. “Kami berharap santunan kematian dan jaminan hari tua ini dapat bermanfaat, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan,” ujarnya.
BPJS Ketenagakerjaan memperingati Hari Pelanggan Nasional setiap tahunnya, sebagai wujud kepedulian dan apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan yang berkesan kepada peserta. Peringatan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2019, tidak hanya dilakukan di internal kantor tetapi juga di eksternal yang meliputi pembukaan stand informasi di mall dan pada kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Kabupatan Karawang di Kecamatan Cilamaya.
Tidak hanya berlangsung di kantor cabang, BPJS Ketenagakerjaan juga membuka pelayanan khusus dipusat keramaian seperti mall, serta berpartisipasi pada kegiatan Paten yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Karawang.
Selain itu, Eny Chairani Siregar selaku Kepala Bidang Pelayanan bersama timnya, mengunjungi pasien kecelakaan kerja, Megi Sudarmanto karyawan PT Unipack Indosystems yang masih berada diruang ICU RS Mandaya, dan Maryadi Yusuf, karyawan PT PAKOAKUINA yang dirawat di Lira Medika. Sementara itu di lokasi berbeda, Kepala bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi, Zeddy Agusdien menyerahkan santunan kepada salah satu pekerja jasa konstruksi PT Waskita Beton Precast yang mengalami kecelakaan kerja sebesar Rp127.800.000. “Apapun pekerjaannya, BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan 4 program yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Tidak harus menjadi karyawan pabrik, pekerja mandiri pun bisa mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan karena risiko sosial bisa terjadi kepada siapapun,” ujar Erizal. (rls)