Diperiksa Tanpa Surat Rujukan

MENUNGGU DIPANGGIL DOKTER: Pasien RSUD Karawang tampak santai menunggu giliran diperiksa dokter.
KARAWANG, RAKA – Pelayan RSUD Karawang dinilai baik oleh beberapa keluarga pasien, namun tak sedikit juga yang mengeluh. Misalnya Nenden Ratna Ayu (21) warga Rawamerta saat mendampingi ayahnya yang sakit diabetes. Seminggu yang lalu sang ayah mesti mendapatkan perawatan karena ada luka pada kakinya. Saat pertama kali membawa sang ayah ke IGD, sempat ada penolakan dan diminta untuk melakukan pemerikasaan dulu ke poli umum. “Tapi Alhamdulillah saat mereka lihat lukanya langsung ditangani di IGD,” terangnya.
Sang ayah juga mesti mendapat perawatan selama satu pekan. Dikatakannya, pelayanan yang diberikan sangat baik sebab sang ayah memang ditempatkan di ruangan kelas VIP. Sebenarnya bisa saja dia ditempatkan di ruangan kelas 1 berdasarkan kelas BPJS yang dimiliki. Namun pihak rumah sakit mengatakan mesti ada pasien dengan penyakit serupa untuk bisa dirawat di ruangan tersebut. Opsinya adalah menggunakan ruangan kelas 2, kelas 3, atau VIP. Ia memilih menggunakan kelas VIP meski harus ada biaya tambahan. “Gak tahu berapa bayarnya, ini baru mau diurusin administrasinya,” terangnya.
Pengunjung RSUD Karawang lainnya Abdul Rojak (48) mengaku pelayanan di RSUD cukup baik. Anaknya yang menderita usus buntu dapat langsung ditangani, dan dioperasi oleh dokter di rumah sakit tersebut. Meski dia warga Kabupaten Bekasi, namun dia bisa dilayani dengan baik tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. “Alhamdulillah bisa dilayani, pilih ke sini karena memang lebih dekat. Pakai KIS bisa diterima meski tanpa surat rujukan,” ucapnya.
Meski demikian dia mengeluhkan batas jumlah penunggu pasien yang hanya boleh satu orang saja. Hal itu menurutnya cukup merepotkan, sebab selain menjaga anaknya, dia juga mesti mengurusi administrasi. “Kalau boleh dua orang kan enak, yang satu nungguin anak misalnya mau ke kamar mandi ada yang bantuin, yang satu lagi ngurusin administrasi,” ujarnya.
Asep Saipul Bahri (26) yang mengantarkan sang ibu berobat mengaku puas dengan pelayanan RSUD Karawang. Sang ibu yang menggunakan kartu BPJS kelas 3 tidak mengalami kendala administrasi. “Kemarin sudah di USG, sekarang lagi diperiksa, ya pelayanannya cukup baik,” komentarnya. (cr5)