UMKM Dilatih Pengembangan Bisnis Kanvas
PELATIHAN: Sejumlah warga Walahar mengikuti pelatihan bisnis kanvas.
KARAWANG, RAKA- Yayasan Pesona Walahar Kreatif dan Pertamina Full Cikampek mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan bisnis kanvas bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan secara hybrid di pendopo danau cinta ekoresort.
Reza Renaldi, CDO Pertamina Full Cikampek mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis pelaku UMKM dengan metode kanvas. “Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pertamina dan Yayasan Pesona Walahar Kreatif untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM yang ada di Desa Walahar dalam mengembangkan bisnisnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa para pelaku UMKM kadang belum memiliki perencanaan yang matang, sehingga perlu kiranya bahwa para pelaku UMKM memiliki perencanaan yang sangat matang dalam memulai bisnis,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (2/9).
Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap para UMKM, khususnya yang ada di Desa Walahar. “Tentunya setelah para pelaku UMKM ini mengetahui model bisnis canvas, kami akan selalu melakukan pendampingan sampai mereka mampu membuat rencana bisnisnya. Kedepannya juga kami akan sering melakukan evaluasi bersama dengan pelaku UMKM apa yang menjadi kendalanya, sehingga kita bisa tau masalahnya apa dan apa yang perlu kita tingkatkan lagi agar usaha tetap maju dan berkembang,” tambahnya.
Sementara itu, Ubedilah salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, bahwa dirinya sekarang bisa mengetahui bahwa berbisnis enggak bisa berdasarkan nekat dan pengalaman saja. “Iya ternyata baru sadar bahwa saya usaha belum memakai perencanaan yang matang, sehingga memang kadang jalan di tempat bahkan dalam 3 bulan terakhir ini sangat sepi pelanggan. Namun setelah mendapatkan pelatihan ini saya memiliki masukan-masukan yang berharga dalam inovasi bisnis,” ungkapnya.
Di waktu yang sama Hanif Izatulloh sebagai pembicara memaparkan, bahwa bisnis kanvas ialah merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. “Model bisnis canvas terdiri dari sembilan elemen penting dalam bisnis, yaitu Customer Segment,Value Propositions, Channel, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Activities, Key Resources, Key Partners, Cost Structure. Kesembilan itu perlu direncanakan dengan matang dan selalu melakukan riset kepada pelanggan atau audit internal usaha kita sehingga kita bisa mengembangkan usaha kita walaupun dalam keadaan pandemi seperti ini,” paparnya. (cr8)