BPJS Ketenagakerjaan Gencar Sosialisasikan Program MLT dan Penggunaan Aplikasi JMO
KARAWANG,RAKA- BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang secara massif melakukan kegiatan sosialisasi terkait program MLT (manfaat layanan tambahan) dan pengguna aplikasi JMO (jamsostek mobile) ke beberapa badan usaha.
Imam Santoso, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan secara langsung dikawasan badan usaha PT. Pakoakuina Car Wheel dan PT. Pupuk Kujang sebagai upaya optimalisasi penyampaian manfaat BPJS Ketenagakerjaan serta sebagai sarana edukasi terkait kemudahan penggunaan layanan digital BPJS Ketenagakerjaan untuk para peserta/tenaga kerja.
Aplikasi JMO hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada peserta dan dapat di unduh melalu playstore untuk handphone yang berbasis android dan dapat di unduh pada Appstore untuk handphone yang berbasis IOS. Dengan menggunakan aplikasi JMO, maka pencairan klaim jaminan hari tua dengan saldo maksimal Rp10juta tidak membutuhkan waktu lama dan bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang. Melalui aplikasi JMO para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan cek saldo JHT secara mandiri, mengakses kartu digital, melakukan pendaftaran peserta BPU (bukan penerima upah) dan mendapatkan banyak informasi manfaat dan layanan lainnya terkait BPJS Ketenagakerjaan. “Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masuk dalam segmen penerima upah dengan masa kepesertaannya minimal 1 tahun dapat mengajukan manfaat layanan tambahan (MLT) dari BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Imam Santoso.
Manfaat tersebut berupa KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) maksimal 500 juta dan PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan) maksimal 150 juta dengan bunga lebih rendah, serta pembiayaan renovasi rumah maksimal Rp200 juta. Program MLT ini dapat dimanfaatkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan kerjasama pihak perbankan. (rls)