20 Tahun Tempat Sampah Liar Baru Dibersihkan

BERSIH-BERSIH: Warga bersihkan sampah liar di sekitar TPU Dusun Margasalam.

LEMAHABANG, RAKA – Masyarakat beserta aparatur desa dan sejumlah komunitas peduli lingkungan membersihkan sampah liar yang menumpuk di sekitaran tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Margasalam, Desa Karyamukti, Kecamatan Lemahabang, Rabu (9/9).

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat TPU tersebut telah menjadi tempat pembuangan sampah liar puluhan tahun lamanya. “Itu memang sudah sekitar 20 tahun begitu terus,” ungkap Direktur Bank Sampah Latanza Iis Sugianti.

Wanita yang akrab disapa Jois ini menuturkan, sebetulnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang telah beberapa kali mengangkut sampah dari lokasi tersebut. Hanya saja kesadaran masyarakat belum hadir sehingga pada akhirnya banyak sampah yang kembali menggunung. Sebab itulah kegiatan bersih-bersih Rabu kemarin melibatkan serta masyarakat. “Jadi mereka kan tahu capeknya membersihkan, bahkan mereka bisa lebih galak (kalau ada yang buang sampah sembarangan),” tambahnya.

Bank Sampah Latanza bersama Bank Jelantah Lemahabang mempelopori masyarakat untuk membersihkan sampah liar bersama. Namun sejumlah komunitas masyarakat lainnya juga tentu ikut terlibat. DLHK Karawang pun mengakomodir pengangkutan sampah menuju Jalupang dengan menurunkan 7 unit truk sampah.

Jois berharap, dengan melibatkan masyarakat diharapkan akan timbul kepedulian terhadap lingkungan dan kesadaran mereka tidak membuang sampah sembarangan. Dikatakannya, sehari sebelumnya pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialusasi kepada masyarakat, para tokoh serta aparatur desa. Dalam sosialisasi tersebut ia menekankan bahwa peran masyarakat bukan hanya membersihkan melainkam juga sebagai pengawas lingkungan. “Nggak cuma mengangkat sampah, tapi harus ada solusianya gimana kedepannya masyarakat ga buang sampah lagi kesitu,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan di banyak tempat lainnya. Hal ini tentunya demi mewujudkan Karawang bersih. Rencananya dalam waktu dekat kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Klari. “Saya juga ingin berterima kasih kepada DLHK Karawang dan PT Pupuk Kujang yang telah suport selama ini,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *