Ada Kelebihan dan Kekurangannya

Kepala DTA Tarbiyatul Falah Telagasari, Ujay Nurhasan

TELAGASARI, RAKA- Belum diperbolehkan belajar tatap muka, membuat sekolah menggunakan cara online dalam pembelajaran baik dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah tingkat atas, tak terkecuali sekolah madrasah.

Kepala Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Tarbiyatul Falah Telagasari Ujay Nurhasan, kemukakan kelebihan dan kekurangan proses belajar mengajar jarak jauh via internet. Menurutnya, proses belajar jarak jauh itu ada kelebihan dan kekurangannya, entah bagi siswa maupun pengajarnya sendiri. Kelebihannya ialah, di samping bisa mengerjakan tugas dengan santai, ada juga tambahan waktu luang untuk di manfaatkan dengan kegiatan lain.

Adapun kekurangannya, terkadang materi yang diberikan kurang dapat dimengerti karena penjelasannya yang kurang detail. Kendatipun demikian, tidak semua sekolah membebani muridnya dengan tugas yang berlebihan saat penerapan pembelajaran jarak jauh. “Saya selaku kepala sekolah menjelaskan kepada guru-guru, pihak sekolah justru mengurangi jam belajar mata pelajaran. Sebagai contoh, katanya di kurangi 8 jam jadi 4 jam,” ucapnya.

Sementara tingkat kesulitannya pun dikurangi. Mengingat keterbatasan belajar yang melalui online. Namun keduanya dilakukan tanpa mengabaikan hak anak untuk mendapat pengetahuan. “Memang ada kendala di minggu pertama, kita kesulitan sosialisasikan mengenai pembelajaran ini,” tutupnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *