BBWS Gelontorkan Dana Proyek Rp190 Juta per Desa

JEBOL: Tanggul Kali Bawah di Kecamatan Cilamaya Wetan jebol saat banjir melanda bulan Februari lalu.

CILAMAYA KULON, RAKA – Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) mengundang sejumlah kepala desa di Kabupaten Karawang, baru-baru ini. Tujuannya, memberikan proyek pembangunan infrastruktur, dengan besaran anggaran Rp190 jutaan per desa.

Hanya saja, BBWS bisa menggelontorkan dana itu melalui kelompok masyarakat yang memiliki status berbadan hukum. Selain itu, titik koordinat yang tepat juga wajib disertakan yang selanjutnya akan difoto, disurvei dan dikonfirmasikan ke pendamping BBWS di lapangan.

Kepala Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon Wakzie Saglak mengatakan, dia menjadi salah satu kades yang diundang untuk menghadiri kegiatan BBWS. Dalam kegiatannya, BBWS rencananya siap memberikan bantuan berupa fisik. Mulai dari turap, TPT dan normalisasi.

Hanya saja, dana itu tidak langsung diterima oleh pemerintah desa, namun melalui kelompok masyarakat yang akan melaksanakan pembangunan tersebut, dimana kelompok ini selain harus diisi masyarakat, juga harus berbadan hukum dibuat oleh notaris. Bahkan, pembentukan kelompok ini harus berdasarkan hasil musyawarah yang difasilitasi oleh pemerintah desa, dan harus memiliki NPWP, rekening bank kelompok, dan membuat RAB. “Ini menentukan titik lokasi yang akan dibangun, soalnya nanti dana itu ditransfer ke rekening kelompok masyarakat, yang diutamakan adalah petani,” ujarnya.

Sementara menurut Kades Rawagempol Wetan Kecamatan Cilamaya Wetan Udin Abdulgani, kelompok tani di desanya sudah ada, hanya saja belum berbadan hukum. Untuk kebutuhan ini, pihaknya siap dan akan berupaya untuk mengikuti alurnya. “Lumayan menyita waktu dan tenaga sih, tapi untuk kebutuhan masyarakat, ya kita siapkan segala sesuatunya,” ujarnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka