Keliling Sekolah untuk Cegah Kenakalan Siswa

MENYIMAK : Anggota TNI saat memberikan penjelasan terkait dampak kenakalan remaja di hadapan para siswa.

LEMAHABANG, RAKA – Guna menghindari tindakan tak terpuji di kalangan siswa, imbauan ke sekolah terus digencarkan. Seperti yang dilakukan Koramil Telagasari, pihaknya berikan petuah dan imbauan tegas kepada siswa di beberapa sekolah saat upacara bendera berlangsung.

Imbauan tersebut terus dilakukan di beberapa sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat. Senin (20/1) kemarin, Danramil 0409 Telagasari Kapt Inf Kanung mengikuti giat upacara di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Annur Lemahabang, Senin (20/1).

Dalam sambutannya, Danramil mengajak semua siswa MTs agar menghormati orang tua dengan mematuhi segala nasihat dan membanggakan bagi keduanya, sekolah dan negara. “Jaga nama baik diri, keluarga maupun sekolah dimanapun berada, karena tugas para siswa saat ini adalah belajar, lakukan yang terbaik,” tegasnya.

Ia juga mengimbau, bahwa miras membuat malas, tawuran juga membuat mental jadi pengecut dan merusak kepribadian. Di samping itu, siswa yang saat ini berangkat dan pulang sekolah dengan mengendarai sepeda motor, pada dasarnya merupakan pelanggaran. Karena selain belum cukup umur, SIM juga tidak dimiliki, sehingga efek psikologis dari pelanggaran lalu lintas itu, membuat anak-anak menjadi sombong dan mengabaikan aturan.

Oleh karena itu, banyak aturan yang tidak diindahkan, waktu sering lupa akibat candu pada gedget dan HP, sehingga dampaknya membuat siswa bermental introvert dan kurang sosialisasi dengan lingkungan masyarakat. “Banyak pelanggaran yang seharusnya bisa kalian jauhi, sepeti narkoba, asusila, tawuran, dan lainnnya, ini harus di ingatkan,” ucapnya. 

Danramil menekankan, hal terkecil yang harus dihindari siswa ialah mencontek, karena perilaku itu menunjukan bahwa pribadi siswa yang lembek dan sulit bersaing ke depan. Pilihlah tauladan yang bisa dicontoh, jangan hanya artis, namun yang kehidupannya bisa dipertanggungjawabkan.

Harus jujur, kehidupan para siswa sekarang ini dimanjakan teknologi di berbagai bidang, maka manfaatkanlah dengan baik, jangan teknologi merusak diri dan masa depan. Punyailah cita cita sejak dini, bermimpilah setinggi langit, kejarlah sesuai kemampuan. “Hormatilah gurumu, tanpa mereka semua pejabat di dunia ini bukan apa-apa, tanpa mereka semua pilot, tentara, polisi tidak akan seperti saat ini, guru lah pahlawan tanpa tanda jasa. Selalu bersyukur, sebab, tidak semua anak seusia kalian bisa mengenyam pendidikan, tetaplah bersyukur dan rendah hati,” pungkasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *