Kenalkan Budaya Sunda pada Pemuda

WORKSHOP: Pemuda Desa Karyamukti gelar workshop ngahudang bakti kebudayaan.

LEMAHABANG, RAKA- Lunturnya budaya kesenian di kalangan anak muda membuat khawatir dan meresahkan. Melihat kondisi ini, para pemuda Desa Karyamukti, Kecamatan Lemahabang tergugah dan kemudian menggelar workshop ngahudang bakti kebudayaan.

Sekar Lestari Diningrat, pemudi Desa Karyamukti yang juga ketua panitia kegiatan workshop mengatakan, bahwa tujuan digelarnya acara ini diharapkan dapat menggugah para anak muda untuk kembali mengenal nilai luhur budaya Sunda. “Ada beberapa kebudayaan yang ditampilkan diantaranya ajeng, ujungan, tari jaipong, siter dan silat,” kata gadis pecinta budaya ini.

Sekar menambahkan, bahwa kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Di acara ini yang hadir, alhamdulillah ada juga dari BPNB Provinsi Jawa Barat yang diwakilkan oleh tim warisan budaya Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Karyamukti Siti Rohimah mengungkapkan, bahwa acara workshop ngahudang bakti merupakan momentum penyadaran akan pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya bangsa. “Seperti yang kita ketahui banyak budaya kita yang diakui oleh asing karena memang kita tidak melestarikan nya,” ungkapnya.

Siti Rohimah pun menuturkan, bahwa budaya kasundaan harus dijaga dan dirawat dan menjadikan nilai-nilai budaya Sunda sebagai pedoman dalam kehidupan bersama. “Dalam budaya Sunda terkenal silih asah, silih asih, silih asuh yang memang merupakan adat istiadat orang Sunda,” pungkasnya. (cr8)