Pasirtanjung Wakil Karawang

Kades Pasirtanjung
Saepudin Betong

Lomba Kesehatan Gerak Tingkat Jawa Barat

LEMAHABANG, RAKA – Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, bakal mewakili Kabupaten karawang dalam lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Kini, berbagai persiapan mulai dilakukan pihak Desa Pasirtanjung beserta satuan PLKB Kecamatan Lemahabang, serta PLKB Kabupaten Karawang. Kesempatan lomba ini, tidak disia-siakan untuk menjadi yang terbaik. Pembenahan dari berbagai sektor mulai dilakukan.

Kemarin Kabid KB Dinas PPKB Karawang Solehudin memberi arahan kepada seluruh peserta yang hadir. Menurutnya, sebagai perwakilan Kabupaten Karawang, Desa Pasirtanjung diwajibkan menerapakan tiga komponen yang menjadi sayarat utamanya. “Pertama LBS (lingkungan bersih dan sehat) semua tokoh masyarakat harus menyiapkan desa atau lingkungan yang bersih dan sehat. Jangan sampai ada masyarakat yang BAB di helikopter dan lainnya,” ucapnya.

Kedua PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), yaitu masyarakat diminta untuk berprilaku sehat. Salah satu contonya kebiasaan merokok, jangan sampai masyarakat merokok di sembarang tempat, khusunya di tempat umum. “Masyarakat dianjurkan untuk merokok di ruangan terbuka, jangan merokok di depan anak-anak dan di dalam rumah. Dan masih banyak lagi item lainnya, yaitu ada 10 item,” terangnya.

Selanjutnya kesehatan gerak (kesrak), yaitu kesehatan dan KB yang dilakukan melalui pembinaan KB. Dalam hal ini masyarakat dianjurkan mencapai keluarga berencana dengan metode berjangka. “Saya harap, Desa Pasirtanjung menjadi perwakilan yang baik untuk Kabupaten Karawang. Pembinaan selama 9 bulan ini, semua OPD membantu. Mulai dari pembenahan jalan, rutilahu, sosial dan semua memusatkan ke Desa Pasirtanjung,” ujarnya.

Sementara menurut Kepala Desa Pasirtanjung Saepudin Betong, awal Januari 2020 lalu pihaknya telah mempersiapkan untuk lomba tersebut. Apalagi saat ini, pihaknya mulai berbenah diri. Mulai dari adminiarasi hingga pembangunan telah dipersiapkan untuk menyambut lomba Kesrak. “Sesuai intruksi Bupati Karawang, Kampung KB sudah dibentuk, tinggal pelaksanaan,” terangnya.

Saat ini, lanjut Betong, masyarakat terus dibina agar mereka merasa memiliki terhadap bangunan Kampung KB yang berada di Dusun Pundong RT 18/06. “Supaya masyarakat senantiasa merasa bangga dengan berperilaku sehat,” pungkasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *