Sampah Bikin Perahu Nelayan Macet

BERSIHKAN BALING-BALING : Nelayan Cilamaya saat membersihkan baling-baling mesin dari sampah yang menggulung.

CILAMAYA WETAN, RAKA – Kipas perahu nelayan tak bisa berjalan dengan lancar karena macet oleh sampah. Untuk itu, masyarakat diimbau agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, terutama di sungai yang muaranya ke laut.

Dikatakan operator kapal wisata pantai Tangkolak Dama, selain dangkal, sampah di tiap muara menjadi masalah yang dinilai sangat serius. Karena sampah, kipas pada perahu yang ia komandoi ataupun perahu nelayan lainnya sering macet akibat dijejali sampah. “Sampahnya masya Allah, banyak banget,” ucapnya.

Saat mengendarai perahu, ia dan nelayan lainnya sering dibuat jengkel dengan sampah yang membelit kipas perahu, karena baru 10-20 meter mesin dihidupkan, mesin sudah mati lagi karena sampah. Terlebih, perahu yang ia nahkodai tersebut merupakan perahu otomatis.

Pengelola wisata Pantai Tangkolak lainnya Rw Tabirin mengatakan, tumpukan sampah ini kebanyakan hasil kiriman dari hulu. Maka, selama masyarakat belum sadar sampah, di pantai ataupun di tempat lainnya akan terus dipenuhi sampah-sampah liar.

Ia berharap, demi kelestarian alam dan kenyamanan, masyarakat dimana pun berada bisa sadar akan bahaya sampah. Minimla dimulai dari diri pribadi. “Jangan dulu nyuruh orang lain, mulai pada diri kita sendiri. Biasakan bawa sampah bekas kita sebelum menemukan tong sampah,” pungkasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *