Warga Miskin Makin Dimanja

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Pemerintah semakin memanjakan Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan berbagai kucuran bantuan, setelah nominal bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dinaikan, kini mereka akan mendapatkan bantuan ayam petelur sekaligus dengan kandangnya. Bantuan ini akan diberikan April 2019 mendatang.

Sebanyak 473.900 ekor ayam petelur akan dibagikan kepada 9.478 kepala keluarga (KK) di empat kecamatan awal April tahun ini. Program yang dinamai Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementrian Pertanian (Kementan) tersebut, akan menyasar masyarakat dengan kategori Rumah Tangga Miskin (RTM), masing-masing mendapat 50 ekor ayam per KK.

Sebelum menerima bantuan, para penerima ayam akan diverifikasi para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), penyuluh pertanian dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) ini, juga akan dapat stimulan berupa fisik kandang ayam, pakan dan obat dari pemerintah untuk percepatan reproduksi.

Koordinator penyuluh UPTD Pertanian Kecamatan Lemahabang, Ir Irfan mengatakan, program ini akan digulirkan Kementan di awal April nanti di seluruh pelosok tanah air. Di Karawang sendiri, ada 4 kecamatan yang akan mendapati program ini, yaitu selain Lemahabang juga ada Kecamatan Telagasari, Tirtamulya dan Purwasari, kebetulan di Kecamatan Lemahabang dari 11 desa yang ada, jumlah sasaran data dari Kemensos untuk penerima kategori RTM ini ada 3.094 KK, di mana per KK nantinya akan diberi 50 ekor ayam betina paling banyak, bahkan ada tambahan stimulan berupa fisik kandang, pakan ternak, dan obat. Untuk mengkoneksikan data lebih valid, lanjutnya, maka Kementan melibatkan TKSK, PSM dan pendamping PKH untuk verifikasi ulang data RTM, karena data yang dilampirkan adalah data RTM dua tahun ke belakang, sehingga butuh verifikasi lagi di lapangan pekan ini. “Nanti Kementan libatkan pendamping PKH, PSM dan TKSK serta penyuluh untuk mendata ulang jumlah RTM yang ada,” ucapnya.

Pegawai Litbang Kementrian Pertanian, Ridwan Rahmat mengatakan, program ini bergulir dengan nama Bekerja, untuk meningkatkan derajat kesejahteraan keluarga RTM. Di Karawang, ada 4 Kecamatan yang akan diberi subsidi berupa ayam kampung petelur ini sebanyak 473.900 yang menyasar 9.478 KK. Dari data Kemensos Nomor 50 tahun 2016, data ini yang akan digunakan untuk menyasar RTM, tapi jumlah ini masih bisa berkurang seiring nanti adanya verifikasi ulang yang di dampingi PSM, TKSK, pendamping PKH dan penyuluh pertanian. Untuk itu, ia meminta, dukungan masyarakat desa, Muspika dan semua pihak untuk sukseskan program Bekerja ini. “Ya sepekan ini kita akan turun verifikasi bersama PSM dan pendamping PKH untuk melihat fisik calon penerima dari RTM ini,” ujarnya.

Kepala Distanhutbunak Karawang, Ir Hanafi Chaniago mengatakan, program Bekerja ini langsung dari Kementan dan baru Rabu (23/1) kemarin disosialisasikan oleh Kementan. Nantinya, 473.000 ayam akan di distribusikan pada 9.478 KK di 43 desa yang meliputi 4 kecamatan. Per RTM dibantu ternak 50 ekor ayam dan dibantu juga dengan kandang, pakan, vaksin dan obat-obatan. Sekarang ini, sebut Hanafi, masih dalam tahap sosialisasi, karena menurut rencana sebelum April, ayam dalam jumlah besar itu sudah harus didistribusikan. (rud)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *