Warga Telagasari Jorok

SAMPAH LIAR: Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di pinggir jalan Telagasari.

TELAGASARI, RAKA – Banyaknya sampah liar di tepian jalan membuat UPTD Kebersihan Telagasari kewalahan. Hampir tak punya jeda untuk membersihkan dan mengangkut sampah-sampah tersebut. Terlebih, volume sampah di tiap-tiap Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) pun tak kunjung usai.

Staf UPTD Kebersihan Telagasari Esong mengatakan, mengangkut dan membersihkan sampah memang sudah menjadi tugasnya, terlebih membersihkan sampah yang berada di tiap TPSS. “Kita rutin mengangkut sampah yang berada di TPSS,” ujarnya saat membersihkan sampah di TPSS Ciderewak-Telagasari.

Namun, selain di TPSS yang sudah ditentukan, banyak juga sampah liar yang harus dia angkut. Seperti di tepian-tepian jalan, tiap jembatan dan tempat yang terdapat banyak tumpukan sampah. Menurutnya, hal itu akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Kepada masyarakat, dia hanya meminta buang sampah pada tempat yang disediakan. Jangan sampai fasilitas umum menjadi tempat pembuangan sampah, karena banyak dampak yang akan merugikan mereka sendiri. “Kan sudah ada tempatnya, biar nanti kami ambil dan bersihkan. Jangan di tempat-tempat umum,” tegasnya.

Petugas UPTD Kebersihan Telagasari Asep mengatakan dengan tegas, terdapat beberapa TPSS untuk wilayah kerja UPTD Kebersihan Telagasari. Namun dia juga merasa heran dengan tingkah masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat. “Padahal sudah disiapkan tempatnya, masih saja buang di pinggir jalan,” ketusnya.

Ia berharap masyarakat bisa menyadari bahaya sampah dengan membuang sampah pada tempatnya, minimal dimulai dari hal kecil ini. Dengan demikian, akan terjadi saling membantu antara pihak kebersihan dan masyarakat itu sendiri. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *