Bocah Main Api, Tiga Rumah Terbakar

LUDES: Satu rumah RT 001 RW 001 Dusun Salam 1, Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes, ludes terbakar, Minggu (13/9) siang

PEDES, RAKA – Ini peringatan keras untuk anak kecil yang senang bermain api. Kalau tidak hati-hati, bisa mengakibatkan kebakaran parah. Seperti kebakaran yang melahap tiga rumah di RT 001 RW 001 Dusun Salam 1, Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes, Minggu (13/9) siang. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian, namun satu rumah ludes terbakar dan dua lainnya rusak berat. “Kejadiannya sekitar pukul 12.30 WIB,” ungkap Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Eka Permana Suteja yang berada di lokasi saat kejadian.

Eka menuturkan, berdasarkan keterangan saksi, kebakaran dipicu oleh sejumlah anak kecil yang bermain api dengan membakar styrofoam. Api membesar saat mereka menyiramnya dengan solar dan langsung merambat satu rumah bilik. Jilatan api semakin tak terkendali dan besar sebab rumah tersebut terbuat dari material yang mudah terbakar. “Rumah yang belakang itu yang pertama, ditinggali orang lanjut usia orang tua Sumantra, itu ludes semua karena memang bahannya mudah terbakar,” terang Eka.

Warga segera bahu-membahu mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun jilatan api akhirnya merembet ke sebuah rumah di depannya yang diketahui milik Sumantra. Beberapa waktu kemudian api juga merembet ke rumah milik Abdul Lukman Kohar, yang tepat bersebelahan dengan rumah Sumantra. Beruntung kedua rumah yang terkena jilatan api hanya terbakar bagian atap. Sejumlah barang di kedua rumah tersebut sempat diselamatkan sebelum atap yang terbakar ambruk.

Satu unit truk pemadam kebakaran dari markas Rengasdengklok datang sekitar 20 menit kemudian. Para petugas damkar yang berjibaku baru dapat memadamkan api dalam kurun waktu sekitar 40 menit. Karena sulit menemukan sumber air di daerah tersebut, dan truk pemadam mesti mengangkut air dari tempat lain sebanyak dua kali balikan. Aparat TNI dan kepolisian juga hadir di lokasi turut serta memadamkam api dan mengkondusifkan lokasi kejadian.

Berdasarkan data yang Radar Karawang terima, tercatat 10 jiwa yang terdampak dari tiga keluarga yang mendiami tiga rumah tersebut. Kerugian total ditaksir mencapai Rp 300 juta. Adapun para korban saat ini telah diungsikan ke rumah kerabat dan tetangga sekitar. Musibah kebakaran ini juga sudah dalam penanganan pihak yang berwajib. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *