Hampir Setiap Hari Kebakaran Lahan

PADAMKAN API: Petugas pemadam kebakaran Rengasdengklok padamkan api.

Warga Diminta Tidak Bakar Sampah Sembarangan

RENGASDENGKLOK, RAKA – Belakangan ini kebakaran lahan kosong hampir setiap hari terjadi di Rengasdengklok. Kali ini Pemadam kebakaran wilayah Rengasdengklok berhasil memadamkan api yang membakar tumbuhan liar atau alang-alang di Dusun Krajan Utara, Desa Karyasari.

Kepala Regu Pemadam Kebakaran Rengasdengklok Sarifudin mengatakan, kebakaran lahan seluas kurang lebih setengah hektare di pinggir Jalan Proklamasi ini diduga karena sebelumnya ada warga yang membakar sampah. Kemudian api tersebut dengan cepat menjalar ke sebagian lahan yang ditumbuhi alang-alang. Kata dia, beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. “Tidak lama setelah mendapat laporan, kita langsung datang ke lokasi,” kata Sarifudin, disela-sela memadamkan api, Senin (11/10).

Untuk pemadaman api, Sarifudin mengaku hanya menerjunkan empat petugas dengan satu unit mobil damkar. Dia menyebut, kebakaran lahan seperti ini sering terjadi beberapa hari kebelakang. “Hampir setiap hari kita dapat laporan kebakaran kaya gini, tapi beruntung gak ada korban jiwa,” ujarnya.

Sarifudin meminta kepada masyarakat agar lebih waspada, mengingat saat ini cuacanya sering panas sehingga sangat rentan terjadi kebakaran, apalagi di lahan kosong yang ditumbuhi alang-alang. “Masyarakat harus lebih hati-hati lagi, jangan sampai bakar sampah di mana aja,” katanya.

Menurut warga setempat, Darno (60) Warga Dusun Bakanjati, Desa Karyasari mengaku kebakaran di lahan tersebut sudah terjadi yang kedua kalinya, tapi sekarang ini tidak separah dulu. “Tadi juga apinya lumayan besar, untungnya gak lama langsung datang damkar,” pungkasnya. (mra)