Kades Dengklok Selatan Wanti-wanti Banjir

(ilustrasi)

RENGASDENGKLOK, RAKA – Saat musim penghujan terdapat sejumlah wilayah di Karawang yang termasuk rawan banjir, di antaranya Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok. Kepala Desa Rengasdengklok Selatan Asih Mintarsih mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan sembilan kepala dusun termasuk RT dan RW, untuk mengontrol wilayah lingkungannya masing-masing. Hal itu sebagai upaya antisipasi terjadinya banjir. “Hampir setiap malam para kepala dusun ini sering melakukan pengontrolan,” kata Asih saat ditemui, Kamis (18/11).

Lebih lanjut kata Asih, aparat desa juga sering memeriksa saluran air dan sesekali mengecek kondisi air Citarum. Pihaknya mengaku selain pengontrolan saluran air, mereka juga sudah diinstruksikan supaya menyediakan karung yang diisi tanah guna antispasi meluapnya air Citarum ke permukiman. “Semuanya sudah disiapkan, mudah-mudahan tidak ada banjir lagi seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Selain antisipasi yang sudah dilakukan oleh aparat desa, Asih meminta agar masyarakat tetap waspada dan tidak membuang sampah sembarangan. Menurut Asih, salah satu penyebab terjadinya banjir di Desa Rengasdengklok Selatan karena tersumbatnya saluran air dengan sampah. “Kemungkinan penyebab banjir ini karena saluran air tersebut sampah,” pungkasnya. (mra)