Kantongi Sampai Pakai Karung

ANGKUT SAMPAH: Petugas kebersihan angkut sampah Pasar Rengasdengklok.

RENGASDENGKLOK, RAKA – Produksi sampah di Pasar Rengasdengklok setiap hari cukup tinggi, tak heran jika sampah selalu menumpuk. Untuk memudahkan petugas kebersihan, pedagang diminta sampah diwadahi kantong plastik atau karung sebelum dibuang ke tempat sampah.

Kepala UPTD Kebersihan Wilayah II Rengasdengklok Iki Mustika Nagasari meminta para pedagang pasar untuk membuang sampah dengan menggunakan kantong atau karung, sehingga dapat meringankan tugas tim oranye dalam menjalankan tugasnya. “Sebetulnya kita sudah menyediakan fasilitas, tapi kami berharap para pedagang juga berpartisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungan,” katanya, baru-baru ini.

Setidaknya, lanjut dia, ada dua titik rawan penumpukan sampah di Pasar Tradisional Rengasdengklok, namun kini dapat diminimalisir dengan dua bak sampah yang disediakan. Belakangan ini, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di sejumlah titik di Pasar Rengasdengklok bisa dikendalikan, hal tersebut berkat kerjasama petugas kebersihan dengan pedagang pasar. “Sepuluh hari terakhir ini tidak terjadi penumpukan sampah lagi di belakang pasar, karena kita terus rutin mengangkat sampahnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, sebelumnya di beberapa titik jalan depan pasar selalu terjadi penumpukan sampah, hal tersebut karena minimnya fasilitas. Namun, setelah disediakan dua bak sampah dapat mengurangi sampah yang berserakan di bahu jalan utama. “Dengan adanya bak sampah ini juga mempermudah pengangkutan, jadi tidak perlu lagi disisir oleh petugas kebersihan,” ujarnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *