Komplek Candi Jiwa Ditutup

TUTUP SEMENTARA: Area komplek Candi Jiwa dan Candi Blandongan ditutup sementara untuk umum. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Hanya petani sekitar candi saja yang boleh memasuki area candi.

Hanya Petani yang Boleh Masuk

BATUJAYA, RAKA – Ngabuburit di kawasan percandian wilayah Batujaya tak seramai tahun kemarin, bahkan pintu masuk wilayah percandian itu pun ditutup, hal tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sunarto, juru pelihara Candi Blandongan mengatakan, sejak ditetapkan wabah corona sebagai bencana nasional, percandian di wilayah Batujaya sudah ditutup sementara. “Yang boleh masuk wilayah percandian ini hanya petani yang punya sawah deket-deket candi,” jelasnya, kepada Radar Karawang, Senin (11/05).

Lebih lanjut kata dia, biasanya setiap bulan pengunjung candi Blandongan ini tercatat sebanyak 10.000 pengunjung. Pihaknya mengaku terakhir mulai tanggal 1 sampai dengan 15 April kemarin saja sudah ada kurang lebih 4.000 pengunjung. “Kebetulan pengunjung yang paling banyak ini di Candi Blandongan karena orang lebih leluasa dengan halamannya,” ujarnya.

Setelah cagar budaya ditutup sementara ini, menurut Sunarto, tidak ada lagi pengunjung yang datang, namun para juru pelihara tetap masih bekerja sebagai biasa tapi dengan memperhatikan protokol kesehahatan seperti sosial distancing dan memakai masker. “Kalau dulu banyak yang ngabuburit di sini, tapi sekarang karena pandemi corona jadi sepi kaya gini,” pungkasnya. (mra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here