Latihan Setiap Hari Demi Kejuaraan Nasional

LATIHAN: Pesilat Tajimalela MAN 3 Karawang, rutin latihan mempersiapkan kejuaraan nasional Pencak Silat Kokam Open 2 di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

BATUJAYA, RAKA – Anggota ekstrakurikuler Tajimalela MAN 3 Karawang, rutin latihan mempersiapkan kejuaraan nasional Pencak Silat Kokam Open 2 di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Pasalnya kejuaraan tersebut akan berlangsung tanggal 20 Februari sampai 23 Februari 2020.

Ikbal, pelatih Tajimalela mengatakan, sebanyak 11 anggota Tajimalela MAN 3 Karawang akan diberangkatkan pada ajang bergengsi tersebut. Hal itu membuat semua anggota terus digenjot dengan latihan setelah pulang sekolah. Menurutnya latihan ini sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Namun untuk latihan setiap harim tidak kurang dari satu minggu terakhir sudah berjalan. “Sekarang kita latihan setiap hari, soalnya ini ajang bergengsi pasti dari daerah mana-mana mengirimkan untuk kejuaraan nasional di Tambun,” jelasnya kepada Radar Karawang, Kamis (13/2).

Rata-rata untuk di MAN 3 Karawang yang mengikuti tarung laga nasional yaitu kelas X dan XI, pasalnya untuk kelas XII itu sedang fokus menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kemudian nantinya dari sebelas anggota ini terdapat dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu diantaranya ada yang kelas A, B, C, E, J, bahkan ada juga yang L. “Kalau untuk kelas L ini berat badannya dari 83 Kg sampai 87 kilogram, dan untuk yang akan tarung di kelas L ini ada satu orang yaitu laki-laki,” kata Ikbal.

Setiap latihan berlangsung, Ikbal kerap memberikan motivasi dan arahan seputar kesiapan mental dan fisik kepada anggota yang akan bertarung. Hal itu dilakukan agar siswa tidak mudah pesimis, dan terus semangat supaya dapat mengagumkan nama sekolah maupun daerah. “Saya yakin nanti pulang bawa lima mendali, karena saya melihat ada beberapa anggota yang sudah menguasai teknik, dan ada kelas yang memang jarang diikuti yaitu kelas berat,” katanya.

Sementara, Muhamad Rizky Anggota Tajimalela yang akan mengikuti kejuaraan di kelas berat mengaku optimis akan membawa nama baik sekolah, dan daerah dalam kejuaraan nasional nanti. “Saya yakin menang karena saya masuk kelas berat, terus saya percaya diri, karena sering latihan dan juga menjaga pola makan,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *