Ngabuburit Belajar Aksara Sunda

MENUNGGU BUKA PUASA: Sejumlah aktivis TBM Lentera Baca Kutawaluya menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan diskusi atau belajar bahasa aksara Sunda baku.

KUTAWALUYA, RAKA – Banyak cara orang berpuasa untuk mengisi waktu menjelang azan magrib atau biasa disebut dengan ngabuburit. Misalnya, komunitas TBM Lentera Baca Kutawaluya menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan diskusi atau belajar bahasa aksara Sunda baku.

Pelatihan aksara bahasa Sunda yang diikuti oleh sejumlah pemuda dan pemudi itu merupakan rangkaian dari program safari literasi Ramadan TBM Lentera Baca. Mereka turut antusias dalam mengikuti pelatihan aksara Sunda yang dibawakan oleh Apri Supardi.

Inisiator TBM Lentera Baca Kutawaluya Muhamad Dahlan mengatakan, pelatihan aksara Sunda baku ini salah satu rangkaian dari program safari literasi Ramadan. Dia mengaku semua yang ikut dalam kegiatan ini adalah relawan dari lentera baca.
“Program safari literasi ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu, di hari Minggu ini kita adakan pelatihan aksara Sunda baku,” jelasnya kepada Radar Karawang, Minggu (18/4).

Selain hari Minggu, safari literasi ini dilaksanakan setiap hari Kamis yaitu dengan mendatangi beberapa desa yang ada di Kecamatan Kutawaluya. Kata Dahlan, safari literasi ini tidak hanya menyajikan buku bacaan atau istilah lain lapakan buku. Namun, dalam safari literasi TBM Lentera Baca, juga turut dimeriahkan oleh komunitas satwa.
“Kita juga bekerjasama dengan komunitas satwa, jadi kita bareng-bareng dalam rangka meningkatkan minat anak terhadap membaca,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka