Sahabat Tanam Baca Tularkan Minat Baca

CERIA: Anak-anak yang dibina Sahabat Tanam Baca tampak selalu ceria saat mengikuti kegiatan literasi maupun seminar di Dusun Krajan Barat, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok.

RENGASDENGKLOK, RAKA – Apa yang dilakukan Taman Baca Masyarakat (TBM) Sahabat Tanam Baca Rengasdengklok, patut ditiru. Mereka tidak lelah membudayakan literasi di kalangan anak-anak. Muhamad Sanusi (28), penggagas tanam baca masyarakat (TBM) di Desa Amansari mengatakan, kegiatan Sahabat Tanam Baca ini sudah berlangsung sejak akhir tahun 2019. Sementara ini buku-buku yang dihidangkan lebih kepada bacaan untuk anak-anak seperti buku cerita inspiratif, sejarah, dan cerita rakyat. Kata Sanusi, tidak hanya sebatas membaca, sewaktu-waktu dirinya juga berdongeng, dan mengajak mahasiswa ataupun komunitas lainnya untuk turut bergabung dan berpartisipasi dalam membagikan pengalaman dan pengajaran kepada anak-anak maupun masyarakat. “Kegiatan ini dengan tujuan mendekatkan buku kepada masyarakat untuk gemar membaca, dengan metode melapakan buku,” jelas Muhamad Sanusi, yang akrab dipanggil Ugy.

Adanya TBM ini, lanjut Ugy, untuk meningkatkan SDM dan budaya baca di tengah masyarakat desa. Menurut Ugy, saat ini bukan tidak ada minat baca dalam masyarakat, namun minimnya ruang baca atau perpustakaan di tengah masyarakat. Padahal membaca itu merupakan suatu yang penting dan berdampak positif untuk keberlangsungan hidup. “Sebetulnya setiap desa punya perpustakaan, namun balik lagi kita butuh fungsi bukan sebuah pengadaan alat dan sarana,” ujarnya.

Ketua umum FPSH Muhammad Akrim Ihsanul Amal Abbas mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan minat baca anak sehingga kualitas literasi anak-anak bangsa khususnya Karawang menjadi lebih meningkat. Dia juga turut mengajarkan anak-anak untuk mematuhi peraturan kesehahatan seperti mengedukasi akan pentingnya menerpakan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) dan juga mengedukasi akan bahaya narkoba. “Kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas sahabat tanam baca,” imbuhnya. (mra)