Sisikamling Efektif Tekan Kejahatan

KONGKOW: Sejumlah warga Perumahan Lily Asri, Dusun Kaijurang, Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, sedang berbincang di pos ronda

RAWAMERTA, RAKA – Kegiatan siskamling yang biasa dilakukan oleh masyarakat zaman dulu, terbukti efektif menekan angka kejahatan. Kini hal itu mulai digiatkan kembali. Bhabinkamtibmas Sukaraja Polsek Rawamerta Aiptu Erman mengatakan, untuk mengantisipasi meningkatnya gangguan keamanan dan ketertiban terutama curanmor, warga harus berpartisipasi dan mengaktifkan kembali siskamling, menyimpan kendaraan di tempat aman dan gunakan kunci ganda. Selalu mempedomani protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, terutama saat di tempat ramai. “Kita juga mengajak tokoh dan masyarakat agar menjaga stabilitas keamanan wilayah, dan mensosialisasikan bahwa pandemi covid-19 belum berakhir. Dan masih ada penambahan angka yang terpapar positif corona,” ujar Erman.

Kapolsek Ciampel AKP Adis mengatakan, para pelaku kejahatan bisa berkasi di mana saja kapan saja. Terlebih jika suasananya mendukung, seperti saat warga lengah, sepi dan tidak ada penjagaan. “Tetap menjaga kamtibmas yah, jangan lengah,” tambahnya. Ia juga menyampaikan, saat ada persoalan terjadi di tengah-tengah masyarakat. Jangan melakukan hakim sendiri, serahkan kepada pihak kepolisian agar ditindaklanjuti sebagaimana aturan yang berlaku. “Laporkan setiap kejadian kriminal ke polsek,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk menjaga keamanan di wilayah hukum Polsek Ciampel, dirinya juga tidak bosan-bosan memperingatkan kepada para Bhabinkamtibmas untuk bisa menjalankan tugas dengan baik. Melakukan silaturahim dengan warga, termasuk dengan tokoh formal dan informal, sehingga saat ada persoalan apapun yang terjadi di tengah mesayarakat, terutama berkaitan dengan tupoksi polisi, anggota bisa terjun langsung. “Bhabinkamtibmas yang ada di desa harus menjadi mitra untuk menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya. (mal/tr)