Taman Baca Minimalisir Anak Kecanduan Game Online

PEMBUKAAN TAMAN BACA: 130 anak usia TK dan SD menghadiri pembukaan taman baca Desa Jayamakmur.

JAYAKERTA, RAKA – Taman Baca Masyarakat Bahagia Desa Jayamakmur, Kecamatan Jayakerta resmi dibuka. Taman baca ini untuk meningkatkan minat baca terhadap anak di lingkungan Desa Jayamakmur. Pembukaan taman baca itu dihadiri oleh 130 anak seusia SD dan TK.

Cep Dedi, ketua pelaksana mengaku pembukaan taman baca di tengah masyarakat ini berangakat dari banyak anak-anak di lingkungan tersebut yang kerap bermain game online. “Jadi di sini itu setiap saya keliling main, saya melihat adik-adik bermain gadget, anak kecil sekarang sudah tahu seperti mobile legend. Kemudian saya pengen anak-anak disini mengurangi main gadget dan meningkatkan minat bacanya,” jelasnya, kepada Radar Karawang, Minggu (13/09).

Kehadiran taman baca ini, lanjutnya, dapat membantu masyarakat seperti memberi buku untuk anak-anak, bakti sosial dan kedepannya akan membuka taman baca di setiap RT di Desa Jayamakmur. “Insya Allah saya akan buka per RT, setiap RT akan saya kunjungi untuk membuka taman baca di tempatnya masing-masing,” ujarnya.

Cep Dedi mengaku, kehadiran taman baca di Desa Jayamakmur ini turut disambut baik oleh masyarakat sekitar, bahkan masyarakat menginginkan kegiatan baca ini sejak dulu.
“Malah saya sebelumnya gak tahu, kalau masyarakat di sini mempunyai keinginan yang sama seperti saya yaitu membuka taman baca,” paparnya.

Nurul Ilmi, ketua Forum TBM Kabupaten Karawang mengatatakan, sejak dua tahun kurang lebih pergerakan taman baca di Kabupaten Karawang ini setidaknya sudah 55 taman baca tersebar di beberapa kecamatan dengan 200 relawan taman baca. Kata dia, dari satu kecamatan ada yang lebih dari lima taman baca seperti di Kecamatan Rengasdengklok. Namun menurut data yang diperoleh ada juga beberapa kecamatan yang belum ada taman baca seperti Pakisjaya dan Pedes. “Walaupun Pedes tidak ada taman baca tapi ada relawan taman baca di Pedes, dari Pakis juga ada hanya belum ada tempat taman bacanya,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *