TBM Tempat Belajar Anak Miskin

BERGEMBIRA: Anak-anak putus sekolah di Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, tampak bergembira saat diberi ilmu pengetahuan oleh forum mahasiswa progresif di Sahabat Tanam Baca.

RENGASDENGKLOK, RAKA – Forum Sahabat Tanam Baca di Desa Amanasari, Kecamatan Rengasdengklok, menjalin kerjasama dengan komunitas mahasiswa untuk pendataan siswa yang putus sekolah.

Sekretaris TBM Sahabat Tanam Baca Muhamad Dahlan mengatakan, pendataan anak putus sekolah ini untuk melihat sejauh mana angka putus sekolah, khususnya di wilayah Rengasdengklok. Kemudian setelah itu akan dicarikan solusi agar yang putus sekolah tersebut bisa melanjutkan belajarnya di bangku sekolah.
“Sementara kita belum memiliki data yang putus sekolah, karena sebelumnya tidak tahu akan ada kerjasama seperti ini,” jelasnya kepada Radar Karawang
.

Dahlan menyebut untuk di Dusun Krajan, Desa Amansari, terdapat beberapa anak yang putus sekolah, tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Pihaknya berharap kerjasama dengan Forum Mahasiswa Progresif Indonesia ini dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa mengurangi anak putus sekolah.
“Mudah-mudahan dengan kerjasama ini anak lebih semangat lagi dalam belajar,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, kerjasama ini bukan hanya dalam pendataan putus sekolah, tapi dari forum mahasiswa juga turut memberi pengajaran kepada anak-anak TBM Sahabat Tanam Baca.
“Mereka ingin membantu terkait proses belajar mengajarnya, juga” imbuhnya.

Ketua TBM Sahabat Tanam Baca Muhammad Sanusi mengatakan, program yang disuguhkan dari mahasiswa bisa menjadi kabar baik untuk semua warga, supaya anak-anak di kampung bisa mengenyam pendidikan tinggi tanpa orang tua harus memikirkan biaya.
“TBM ini adalah tempat belajar sepanjang hayat di masa pandemi, tidak untuk anak-anak namun semua umur bisa belajar,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka