Wortel Baik untuk Kulit

RENGASDENGKLOK, RAKA – Biasanya sayur wortel dikenal baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, wortel juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan baik untuk kulit.

Sopian, dokter umum Puskesmas Rengasdengklok mengatakan, banyak manfaat yang terkandung dalam sayuran wortel. Diantaranya vitamin A, C dan mengandung vitamin E.
“Manfaatnya untuk kesehatan mata, kulit juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Karena wortel meningkatkan metabolisme,” jelasnya kepada Radar Karawang.

Wortel merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi, kemudian wortel juga dapat dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus. Kata Sopian, sayuran wortel lebih bagus dikonsumsi langsung, tapi harus dipastikan dicuci dengan bersih.
“Kalau dimasak matang kandungan vitaminnya akan larut,” katanya.

Sopian menyarankan wortel dapat dikonsumsi secara rutin karena banyak manfaat yang terkandung didalamnya, sebagaimana sayuran atau buah-buahan lainnya.
“Kalau wortel itu sama dengan sayuran lain, porsinya harus lebih besar dibandingkan porsi (yang mengandung) lemak atau karbohidrat,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka