4 Hari Pasca-Gempa Cianjur
    XL Axiata Fokus Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat

    Warga terdampak sedang memanfaatkan layanan telepon gratis dari XL Axiata, yang berada di posko pengungsian Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11). Untuk memudahkan seluruh pelanggan, XL Axiata membuka saluran Donasi Pulsa. Untuk bisa berdonasi pulsa, pelanggan prabayar XL dan AXIS serta XL Prioritas cukup mengirimkan SMS ke 6116 dengan format Donasi XLPEDULIBENCANA nominal, untuk pelanggan XL dan XL Prioritas, serta Donasi AXISPEDULIBENCANA nominal bagi pelanggan AXIS. Selain SMS, pelanggan juga bisa berdonasi melalui *123#6116# pilih XLBerbagi_PEDULIBENCANA, dengan nominal mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Seluruh hasil donasi dari pelanggan akan disalurkan untuk membantu korban terdampak Gempa Cianjur.

    Cianjur, 25 November 2022. Empat hari pascagempa 5,6 SR di Cianjur Jawa Barat, masih terjadi sejumlah gempa susulan yang menyebabkan adanya gangguan pada jaringan dan layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di beberapa titik karena padamnya aliran listrik dari PLN. XL Axiata terus berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan data di wilayah-wilayah yang terdampak. Bersamaan dengan itu, penyaluran bantuan tanggap darurat ke sejumlah posko pengungsian di Cianjur telah dilakukan secara bertahap.

    Pj. Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, “Sejumlah gempa susulan yang masih terjadi di Cianjur 4 hari pascagempa 5,6 SR, Senin yang lalu, masih berdampak terhadap jaringan XL Axiata di sejumlah titik karena padamnya aliran listrik. Namun demikian, kami memastikan, upaya percepatan pemulihan jaringan terus kami lakukan sesegera mungkin, sehingga kelancaran komunikasi masyarakat dan petugas yang melakukan evakuasi dan bantuan dapat terlayani dengan baik. Kami juga berupaya memberikan dukungan dan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban di sejumlah lokasi, dengan berbagai bentuk misalnya layanan telepon umum gratis, bahan kebutuhan pokok, donasi dan sebagainya”.

    Pada hari keempat pascagempa Cianjur ini, XL Axiata telah menyalurkan sejumlah bantuan tanggap darurat, yang terdiri dari:

    • Layanan Telepon Gratis Korban Gempa

    XL Axiata menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Bagi warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata. Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Inisiatif layanan ini telah dibuka sejak 21-24 November 2022 dan berlaku di lokasi bencana yaitu Cianjur hingga Sukabumi, Jawa Barat.

    • Penyaluran Kebutuhan Pokok

    XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI menggandeng BenihBaik.com dalam menyalurkan secara langsung bantuan tanggap darurat ke sejumlah titik pengungsian yang tersebar di Cianjur, Jawa Barat. Penyaluran ini berlangsung secara bertahap. Bantuan yang disalurkan pun disesuaikan dengan kebutuhan darurat para korban seperti air mineral, makanan ringan cepat saji, selimut, hingga popok bayi. Penyaluran ini turut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

    • Posko Gratis Telepon

    XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Cianjur. Salah satu posko berada di RSUD Sayang, yang berlokasi di Jl. Rumah Sakit No 1, Kelurahan Bojongherang, Cianjur, Jawa Barat. Sementara posko lainnya dibuka secara mobile di beberapa posko pengungsian yang tersebar di Cianjur.

    Di seluruh posko ini pun, XL Axiata menyediakan gratis kartu perdana XL bagi masyarakat yang membutuhkan. Kartu perdana ini telah dilengkapi dengan gratis telepon yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

    • Donasi Digital

    Untuk memudahkan seluruh pelanggan, XL Axiata membuka saluran Donasi Pulsa. Untuk bisa berdonasi pulsa, pelanggan prabayar XL dan AXIS serta XL Prioritas cukup mengirimkan SMS ke 6116 dengan format Donasi XLPEDULIBENCANA nominal, untuk pelanggan XL dan XL Prioritas, serta Donasi AXISPEDULIBENCANA nominal bagi pelanggan AXIS. Selain SMS, pelanggan juga bisa berdonasi melalui *123#6116# pilih XLBerbagi_PEDULIBENCANA, dengan nominal mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Seluruh hasil donasi dari pelanggan akan disalurkan untuk membantu korban terdampak Gempa Cianjur.

    • Donasi Karyawan

    Dari sisi internal XL Axiata, manajemen pun secara sigap langsung turun ke lokasi bencana untuk meninjau dan memastikan kondisi karyawan terdampak di seluruh Cianjur. Sejumlah bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari dan santunan dana disalurkan langsung oleh Group Head People Services & Facility Management XL Axiata, Ryyld Ipbtas Yusri, kepada karyawan dan keluarganya.

    Saat ini pun, perusahaan telah membuka saluran donasi, khusus bagi karyawan yang ingin berpartisipasi dalam meringankan beban para korban bencana. Hasil dari donasi karyawan ini nantinya akan dikumpulkan untuk didonasikan dalam bentuk kebutuhan pokok bagi warga terdampak.

    Selain itu, ada juga donasi karyawan XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL). Penyaluran bantuan dilakukan di Kampung Tegallega Desa Limbangansari, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat di mana terdapat korban jiwa, puluhan rumah dan fasilitas umum yang rusak berat, serta warga yang mengalami luka-luka serta harus mengungsi. Bantuan yang disalurkan ini merupakan hasil pengumpulan dana zakat dan infaq karyawan XL Axiata yang dikumpulkan untuk disalurkan kepada korban Gempa Cianjur, termasuk karyawan terdampak.

    Layanan Cepat XL Center

    XL Axiata pun memastikan, pusat layanan pelanggan, XL Center, telah dibuka kembali dan beroperasi seperti biasa sejak Rabu, (23/11). Seluruh petugas pelayanan telah siap untuk melayani kebutuhan penggantian kartu yang hilang atau rusak, pengisian pulsa, hingga pembayaran tagihan. XL Center Cianjur yang berlokasi di Jl. Ir. Haji Djuanda No 38, Panembong, Mekarsari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beroperasi dari jam 10.00-14.00 WIB. Selama periode tanggap darurat, layanan penggantian kartu di XL Center dapat dilakukan secara gratis.

    Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak dapat datang langsung ke XL Center, tersedia layanan online untuk kebutuhan penggantian ataupun aktivasi kartu, yang dapat diakses melalui www.xl.co.id/xlcenter.

    Hingga saat ini seluruh tim XL Axiata terus bersiaga sepanjang masa tanggap darurat, hingga 20 Desember 2022 mendatang. Untuk mendukung dan melayani kelancaran komunikasi masyarakat, XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur yang terdiri dari 280 BTS 4G dan lebih dari 270 BTS 2G. Sementara itu di wilayah Sukabumi terdapat lebih dari 1.200 BTS, dengan hampir 800 BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Di seluruh Provinsi Jawa Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 27 ribu BTS, dengan lebih dari 17 ribu BTS 4G.

    Tentang XL Axiata
    PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
    Retno Wulan
    Group Head Corporate Communications XL Axiata
    Telp: +62 817 877 788
    Email: RWulan@xl.co.id

    Tinggalkan Balasan