Bantu Masyarakat Sumatera Selatan
    XL Axiata Bangun Sarana Air Bersih dan Jembatan Desa di Banyuasin

    Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati (paling kiri), CEO XL Axiata, Dian Siswarini (kedua dari kiri), Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya (tengah), Kepala Desa Talang Lubuk, Sanusi dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Provinsi Sumatera Selatan, Dr. IR. H. Firmansyah, M.Sc usai meresmikan Jembatan Tawakal dan Sarana Air Bersih di Desa Talang Lubuk, Kabupaten Banyuasin, Jum’at (11/11). XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program CSR yang berkelanjutan. Kini, XL Axiata membuktikan komitmentnya, membangun sarana air bersih dan jembatan desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

    Di Kabupaten Banyuasin, XL Axiata memiliki 154 BTS 4G yang menjangkau 303 desa dan 19 kecamatan. Keberadaan layanan data dan telekomunikasi XL Axiata untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar memiliki profesi sebagai petani dan nelayan.

    Banyuasin, 11 November 2022. Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini meresmikan proyek sarana air bersih dan jembatan desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Kedua proyek telah siap pakai dan berlokasi di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang. Dibangun sejak Desember 2021, proyek ini menggunakan dana dari manajemen dan karyawan XL Axiata. Hadir dalam peresmian ini antara lain Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, S.H., M.H, Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Provinsi Sumatera Selatan, Dr. IR. H. Firmansyah, M.Sc, Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, Kepala Desa Talang Lubuk, Sanusi dan tokoh masyarakat setempat.

    Dian Siswarini mengatakan,”Alhamdulillah, sarana air bersih dan jembatan desa telah selesai dibangun untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu realisasi pembangunan kedua wakaf ini. Suatu kebanggan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Semoga sarana air bersih dan jembatan desa ini membawa manfaat bagi masyarakat Desa Talang Lubuk dan sekitarnya.”

    Dian Siswarini menambahkan dana wakaf ini berasal dari manajemen dan karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program CSR yang berkelanjutan. Kini, XL Axiata membuktikan komitmentnya, membangun sarana air bersih dan jembatan desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Pada tahun 2022 ini, XL Axiata telah membangun masjid di Aceh yang diresmikan pada bulan Maret 2022 lalu.

    Jembatan desa ini membentang di atas sungai Desa Talang Lubuk sepanjang 70 meter, menghubungkan Desa Talang Lubuk Dusun 1 dengan Dusun 2, yang bisa memangkas jarak tempuh warga sekitar ke area sekitarnya dalam melaksanakan aktvitas sosial dan ekonomi sehari-hari. Sebagai penyangga, jembatan menggunakan kayu yang berkualitas nomor satu. Proses pembangunan memakan waktu sekitar 8 bulan dan selesai pada Agustus 2022.

    Sementara itu, sarana air bersih juga berada di Desa Talang Lubuk dan sudah lama diharapkan oleh masyarakat setempat. Sumber air permukaan di desa ini sebenarnya melimpah, namun kualitasnya sangat rendah, terlalu tinggi kandungan garamnya sehingga terasa asin dan payau. Sarana air bersih yang dibangun XL Axiata ini menggunakan teknologi filterisasi sehingga menyediakan air bersih yang layak pakai untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

    Wakaf sebagai salah satu program rutin Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Dalam kesempatan yang sama Majelis Taklim XL Axiata juga menyalurkan Donasi untuk anak yatim piatu. Dana pembangunan sarana air bersih dan jembatan di Banyuasin, Sumatera Selatan ini merupakan dana wakaf yang dikelola oleh Majelis Ta’lim XL Axiata untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. MTXL Axiata berupaya terus sebar kebaikan untuk menjalin silaturahmi dengan kelompok masyarakat berbagai kalangan dan berbagai daerah. Program pembangunan sarana air bersih dan jembatan desa ini bekerjasama dengan lembaga kesejahteraan sosial, Human Initiative.

    Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, S.H., M.H mengatakan “Kami sangat berterima kasih kepada MTXL Axiata dan karyawan XL Axiata atas bantuan dan perhatian yang diberikan kepada desa kami. Keberadaan sarana air bersih dan jembatan ini memang menjadi harapan kami sejak lama. Kami akan memanfaatkannya secara maksimal dan tentu juga merawatnya.”

    Pada kesempatan yang sama, CEO XL Axiata, Dian Siswarini juga menyempatkan diri mengunjungi BTS yang berada disekitar lokasi acara peresmian jembatan dan air bersih. Di Kabupaten Banyuasin XL Axiata memiliki 154 BTS 4G yang menjangkau 303 desa dan 19 kecamatan. Keberadaan layanan data dan telekomunikasi XL Axiata untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar memiliki profesi sebagai petani dan nelayan.

    Salurkan Paket Makanan Sehat

    XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI menggandeng BenihBaik.com dalam menyalurkan paket makanan sehat cegah stunting agar dapat diterima dengan baik oleh para penerima manfaat di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin. Program ini sudah terlaksana antara lain di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Banten dan Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

    Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu kabupaten yang menjadi lokasi fokus (lokus) pemerintah dalam penurunan stunting tahun 2022 di Sumatera Selatan. Paket makanan sehat ini sebagai upaya tanggung jawab XL Axiata untuk melihat persoalan sosial yang dihadapi masyarakat dan yang kini menjadi perhatian pemerintah, termasuk pencegahan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita.

    XL Axiata selalu merasa menjadi bagian dari masyarakat sekitar di mana pun berada. Karena itu, XL Axiata juga mendukung upaya-upaya untuk mengatasi persoalan sosial di masyarakat. Untuk itulah pada kesempatan ini, XL Axiata turut ambil bagian dalam mengatasi persoalan penurunan stunting di Banyuasin.

    Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan, XL Axiata total mengoperasikan lebih dari 4.800 BTS, termasuk sekitar 2.900 BTS 4G. XL Axiata terus berupaya untuk penguatan jaringan akan terus dilakukan sepanjang tahun, baik untuk meningkatkan kualitas sinyal di area yang sudah terlayani, maupun perluasan ke area-area baru. Dari sisi produk, XL Axiata menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan.

    XL Axiata Baik, Aksi Karyawan Berbagi Pengetahuan

    Masih di Kabupaten Banyuasin, karyawan XL Axiata juga menyelenggarakan aksi sosial sebagai bagian dari program “XL Axiata Baik”. Selain memberikan dana bantuan pendukung fasilitas sekolah, karyawan XL Axiata juga melaksanakan kegiatan mengajar dan berbagi pengetahuan di SMP Negeri 3 Marga Telang. Materi yang disampaikan terkait dengan dunia digital, terutama mengenai penggunaan social media dan internet sehat. Karyawan yang mengajar merupakan karyawan XL Axiata yang memiliki keahlian dalam bidangnya.

    Sejak tahun 2021, Program XL Axiata Baik sudah berjalan untuk melanjutkan program kegiatan berbagi yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, berbagai program kegiatan telah dijalankan membantu masyarakat di berbagai daerah, seperti Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB), donasi, donor darah, karyawan mengajar, bedah rumah, bangun jalan, bangun masjid, pengadaan depot air, bangun jembatan hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren dan sekolah.

    Tentang XL Axiata
    PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
    Retno Wulan
    Group Head Corporate Communications XL Axiata
    Telp: +62817 877 788
    Email: RWulan@XL.co.id

    Tinggalkan Balasan