250 Siswa Ikut Ekskul Pramuka

LATIHAN PRAMUKA : Siswa SMPN 2 Rengasdengklok saat mengikuti kegiatan pramuka.

RENGASDENGKLOK, RAKA – Ekstrakurikuler pramuka telah menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa di berbagai tingkat sekolah. Pasalnya kegiatan kepramukaan dapat mengembangkan nilai-nilai karakter siswa.

Shafwana, Ketua Ekskul Pramuka SMPN 2 Rengasdengklok mengatakan, dalam kegiatan pramuka ada banyak pelajaran yang bisa dimanfaatkan dalam keseharian, diantaranya dapat menolong orang yang sedang dalam keadaan darurat, sebab dalam pramuka pun diajarkan yang namanya pertolongan gawat darurat. “Alhamdulillah, semua anggota turut aktif pada kegiatan latihan setiap hari jumat,” jelasnya, seraya menyampaikan anggota ekskul pramuka berjumlah 250 siswa.

Menurutnya, setiap latihan semua anggota tidak melulu dicocoki terkait materi semata, namun setelah dibekali materi, para anggota langsung memperaktekan apa yang sudah diajarkan. Saat ini ada dua ruangan yang dijadikan tempat belajar para anggota pramuka. “Kita belajar ini bukan hanya indoor, tapi outdoor juga, paling di halaman sekolah saja,” katanya.

Menurut Sohfwana, saat mengikuti kegiatan kepramukaan, para siswa akan mempelajari cara untuk bertahan hidup. Selain itu, akan diajarkan cara menggunakan kompas, membaca peta, membuat simpul dan tali temali, mempraktikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), membuat tenda, menyalakan api unggun, dan membuat sandi morse. “Semua kegiatan tersebut akan sangat berguna ketika menghadapi suasana genting,” katanya.

Ruhiyatna, Pembina Pramuka berharap, semua anggota pramuka dapat mengamalkan dasa darma pramuka dan trisatya pada kehidupan sehari-hari. Pasalnya semua yang dipelajari dalam kegiatan pramuka sangat bermanfaat. “Kegiatan kepramukaan ini akan membentuk karakter anggota dengan sendirinya, asalkan (mengikuti) dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *