Al Irsyad Bantu Warga Sekitar Terdampak Banjir

BANTU KORBAN BANJIR: Gedung sekolah Al Irsyad dijadikan tempat pengungsian korban banjir.

KARAWANG, RAKA- Tingginya curah hujan di Karawang turut menggenang 33 desa di 15 Kecamatan berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang dengan ketinggian air 30 sampai dengan 70 cm. Musibah banjir ini salah satunya terjadi di sepanjang ruas Jalan Kertabumi Kabupaten Karawang, termasuk permukiman warga sekitar area sekolah Al Irsyad, pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Jalan utama Kertabumi sempat ditutup aksesnya karena tingginya genangan air yang mencapai lutut orang dewasa. Dampaknya, para warga sekitar mulai mencari tempat pengungsian. Merespons hal ini, PC Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang melalui Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (sekolah Al Irsyad) turut membantu warga sekitar yang rumahnya sudah tergenang banjir.

Masyarakat terdampak banjir di sekitar area sekolah, yakni warga Desa Anjun dibantu dengan mengungsi di lantai 2 dan 3 Al Irsyad. “Kami sudah berikan tangga menuju sekolah bagi warga yang kesulitan karena rumahnya tergenang air. Kami sediakan tempat pengungsian di sekolah untuk turut meringankan musibah banjir ini,” ujar Ustadz Zen, Ketua Harian LPP Al Irsyad, saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, saat evakuasi banjir.

Sebanyak 269 orang ditampung di sekitar area sekolah, mulai dari lantai 2 dan 3 gedung baru, area Masjid Al Ikhlas Al Irsyad, dan area SMP IT Al Irsyad. Para korban terdampak banjir ini terdiri atas bayi, remaja, dan lansia yang dengan sigap Al Irsyad bantu, baik itu kebutuhan sanitasi maupun bantuan makanan bagi warga. Banjir yang menerpa Jalan Kertabumi ini juga sama kondisinya dengan beberapa titik banjir di Karawang, seperti Jalan Perumnas, Jalan Tanjung Pura hingga Cikarang. Para pegawai yang rumahnya terdampak banjir juga turut dibantu evakuasinya dan diungsikan ke sekolah.

Sebagai lembaga pendidikan terdepan dalam berkontribusi bagi sesama, Al Irsyad turut mendirikan Posko Pelayanan Laznas Al Irsysd di Komplek Pendidikan Al Irsyad. Aksi penggalanagan dana turut dikawal Laznas Al Irsyad bersama Lajnah Sosial Ekonomi (Sosek) hingga saat ini. Masyarakat yang membutuhkan evakuasi ataupun ingin menyalurkan bantuan bisa menghubungi Ustadz Kandi (0896-4879-5048), Ustadz Jimi (0812-1284-0485), Ustadz Chaedar (0821-8902-5132). Salurkan bantuan Anda melalui rekening Donasi Peduli Banjir a.n. Laznas Al Irsyad, Nomor Rek BSM: 7149238276. (asy)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka