Al Irsyad Event 2022, Ajang Lomba yang Dinanti Pelajar se-Indonesia

Ustadzah Dewi (kanan) dan Ustadzah Lia (kiri) secara simbolis membentangkan spanduk Al Irsyad Event 2022.

KARAWANG, RAKA- Al Irsyad Event adalah event rutin tahunan yang diadakan oleh Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Al Isyad Event 2022 merupakan event ke-3 yang diselenggarakan. Event kali ini menghadirkan kompetisi di bidang olimpiade dan performance berbasis online dengan lingkup peserta pelajar se-Indonesia.

Mengusung tema “Integrasi Generasi Rabbani, Prestasi yang Terus Bertumbuh”, Al Irsyad Event 2022 hadir dengan lomba berbasis online yang dapat diikuti seluruh pelajar se-Indonesia, mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA / se-derajat secara Gratis alias tidak dipungut biaya apa pun. “Alhamdulillah, Al Irsyad Event tahun 2022 menghadirkan 6 cabang lomba yang terdiri atas cabang Olimpiade untuk mata pelajaran Matematika dan Sains bagi jenjang SD (kelas 4 sampai 6), SMP (kelas 7 sampai 9), hingga jenjang SMA (kelas 10 sampai 12),” ujar Ustadzah Dewi, ketua Pelaksana Al Irsyad Event 2022 sekaligus Ka Bid Bina Prestasi.

Target Al Irsyad Event 2022, imbuhnya, pertama menumbuhkan rasa solidaritas dan kompetitif yang sehat antar pelajar se-Indonesia. Kedua, unit sekolah Al Irsyad memiliki kompetisi prestasi yang terukur. Ketiga ajang rekomendasi sehingga terbentuk persatuan antarsiswa prestasi dari seluruh siswa se-Indonesia, dan keempat publikasi eksistensi Al Irsyad Al Islamiyah di bidang pendidikan dan Prestasi sebagai parameter pengukuran Bina Prestasi.

Acara yang digagas Ka Bid Bina Prestasi (Binpres) ini berada di bawah naungan Biro Kurikulum Umum dan Kesiswaan, yakni Ustadzah Iska. Al Irsyad Event 2022 menjadi kesempatan emas bagi para pelajar se-Indonesia dalam menghadapi tantangan era pandemi untuk tetap bisa berprestasi. ”Kami targetkan minimal 1000 peserta untuk masing-masing jenjang cabang olimpiade dan adanya perwakilan dua utusan terbaik bagi cabang performance. Pendaftaran kami buka dari 01 Maret sampai dengan 10 April 2022. Jadi, mari segera mendaftar,” tambah Ustadzah Dewi.

Diketahui bahwa cabang performance dalam Al Irsyad Event 2022 ini menghadirkan ragam perlombaan yang menarik. Untuk lomba bahasa Inggris ada Story Telling (peserta jenjang SD), Speech (peserta jenjang SMP, SMA), lomba PAI terdiri atas Hafalan Doa (peserta TK), Hafalan Hadits (peserta TK dan SD Kelas 1-3), Adzan (peserta SD dan SMP), Da’I (SMP dan SMA), Al Qur’an dengan lomba Tahfizh (peserta dari TK, SD, SMP, hingga SMA), cabang Bahasa Arab dengan lomba Khitobah (peserta kelas 4 sampai dengan 6).

Masih tersedia kesempatan bagi seluruh pelajar se-Indonesia untuk berpartisipasi dan bersaing secara kompetitif karena berbagai hadiah menarik tengah menanti. “Untuk pendaftaran dan pedoman atau petunjuk teknis lomba, kami permudah bisa mengakses secara online melalui linktr.ee/AlirsyadEvent2022 . Saat ini, antusias peserta sudah semakin meningkat, kami harapkan 10 April bisa memenuhi capaian yang diharapkan. Setelah itu, kita akan lanjut pada tahap pengumpulan karya (khusus cabang performance) dari 18 sampai 22 April, pelaksanaan Olimpiade pada 23 April, pengumuman final (performance) pada 14 Mei 2022, serta babak final performance pada 23 sampai dengan 27 Mei, hingga akan kami berikan apresiasi awarding khusus bagi para juara yang nantinya berhasil meraih posisi 1, 2, dan 3 untuk setiap cabang lomba dalam Al Irsyad Awarding Ceremony 2022 pada 25 Juni nanti,” pungkasnya. (rls)