Asah Kemampuan Menulis, SDM Al Irsyad Ikuti Pelatihan Menulis

PELATIHAN: Guru Al Irsyad mengikuti pelatihan menulis.

KARAWANG, RAKA- Pelatihan menulis part 1 Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dilaksanakan pada Sabtu (9/10). Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, pelatihan berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB di aula Sky Bridge Al Irsyad. Peserta pelatihan menulis ini merupakan SDM Al Irsyad yang menjadi peserta dalam program menulis buku TA. 2021-2022. Pelatihan menulis ini merupakan kelanjutan dari program Lomba Menulis Buku TA. 2021/2022 yang menjadi salah satu program bidang personalia.

Pelatihan menulis Al Irsyad ini turut megundang narasumber kepenulisan yang merupakan dosen sekaligus penulis, yakni Dian Hartati. “Dalam pelatihan menulis part 1 ini, SDM Al Irsyad ditargetkan mampu menghasilkan karya antologi bersama, yakni dimulai dari Antologi Cerita Pendek (Cerpen) SDM Al Irsyad,” ujar Ustadzah Mamik, S.Pd, Ka Bid Personalia.

Antologi ini, lanjutnya, diharapkan menjadi bukti nyata bahwa SDM Al Irsyad merupakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan unggul dibanding SDM di sekolah lain. Sebab, dalam pelatihan menulis ini, para peserta dipahamkan modal dasar bagi seorang penulis yang memiliki kesibukan ekstra. “Modal seorang menulis bagi orang sibuk antara lain niat, membuat Jadwal, mencatat Ide, memanfaatkan media, dan mencoba self editing atau melakukan penyuntingan,” ujar Dian.

Di tengah kesibukan, seluruh peserta diarahkan untuk bisa saling menyemangati. Hal ini juga terlihat dari antusiasme para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian pelatihan menulis dengan saling terbuka memberikan motivasi. Selain itu, melalui pelatihan ini peserta mendapatkan pengalaman langsung dalam menuangkan ide sehingga mampu melahirkan karya.

Hanya di Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang, seluruh SDM-nya dilatih dan diberikan pendalaman serta penguatan kompetensi sehingga bisa mencetak generasi Rabbani yang berprestasi, jujur, dan berakhlakul karimah. Sekolah? Al Irsyad Aja! (asy)