Belum Semua Kecamatan Punya Taman Baca

TINGKATKAN LITERASI: Anak-anak usia TK dan SD menghadiri pembukaan taman baca Desa Jayamakmur beberapa waktu lalu.

JAYAKERTA, RAKA – Keberadaan taman baca masyarakat (TBM) dinilai penting untuk meningkatkan literasi masyarakat, terutama anak-anak. Apalagi, sekarang anak-anak lebih banyak bermain game online ketimbang baca buku. Hanya saja, belum semua kecamatan memiliki taman baca.

Ketua Forum TBM Kabupaten Karawang Nurul Ilmi mengatatakan, sejak dua tahun kurang lebih pergerakan taman baca di Kabupaten Karawang ini setidaknya sudah 55 taman baca tersebar di beberapa kecamatan dengan 200 relawan taman baca. Dari satu kecamatan ada yang lebih dari lima taman baca seperti di Kecamatan Rengasdengklok. Namun menurut data yang diperoleh ada juga beberapa kecamatan yang belum ada taman baca seperti Pakisjaya dan Pedes. “Walaupun Pedes tidak ada taman baca tapi ada relawan taman baca di Pedes, dari Pakis juga ada hanya belum ada tempat taman bacanya,” paparnya.

Sementara itu, pegiat literasi Desa Jayamakmur mengatakan, saat ini banyak anak-anak di lingkungannya kerap bermain game online. “Jadi di sini itu setiap saya keliling main, saya melihat adik-adik bermain gadget, anak kecil sekarang sudah tahu seperti mobile legend. Kemudian saya pengen anak-anak disini mengurangi main gadget dan meningkatkan minat bacanya,” jelasnya.

Menurutnya, kehadiran taman baca dapat membantu masyarakat seperti memberi buku untuk anak-anak, bakti sosial dan kedepannya akan membuka taman baca di setiap RT di Desa Jayamakmur. “Insya Allah saya akan buka per RT, setiap RT akan saya kunjungi untuk membuka taman baca di tempatnya masing-masing,” ujarnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

1 Comment

  1. Selamat Datang di LEMBAGA KEUANGAN LAPO (LFI) Suku Bunga (1,5% – 3,5%) lapofinancialinstitution@gmail.com Pinjaman keuangan mikro adalah penyediaan layanan keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan tradisional seperti bank. LAPOFI memanfaatkan kesempatan ini untuk mendukung individu, keluarga dan kelompok, Pengusaha, karyawan dan pemberi kerja, yang mengalami satu atau lebih tantangan sebelum, selama dan setelah wabah Covid-19. Pinjaman tersebut ditujukan untuk individu atau kelompok yang sebelumnya dianggap “tidak memiliki bank” oleh lembaga perbankan yang lebih besar. Ini adalah peminjam yang mungkin memperdagangkan sejumlah kecil uang setiap hari, tinggal di daerah yang sulit diakses, tanpa riwayat kredit, atau yang tidak memenuhi “persyaratan tradisional” dalam sektor perbankan. Pro • Proses persetujuan pinjaman yang cepat • Tidak ada batasan geografis • Tidak ada dokumen • Semua peminjam diberikan asuransi selama tenor pinjaman. KRITERIA KELAYAKAN • Surat permohonan pinjaman • Formulir aplikasi yang telah diisi lengkap • Alat identitas yang valid (KTP, SIM, kartu pemilih atau paspor internasional) • Tagihan utilitas saat ini • Foto ukuran paspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *