HMI Punya Perpustakaan Digital

DISKUSI: Pengurus HMI Komisariat Unsika diskusi bahas program kerja. Salah satu program kerja yang dirumuskan adalah perputakaan digital yang menyediakan buku-buku bacaan bagi mahasiswa.

Fasilitasi Baca Mahasiswa

KARAWANG, RAKA- Minat baca masyarakat Indonesia berada di posisi 62 dari 70 negara. Hal ini sangat menghawatirkan mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat orang sudah meninggalkan proses membaca buku dan koran.
Melihat fenomena tersebut, tentunya sangat diperlukan inovasi baru untuk menarik minat baca dikalangan masyarakat. Hadirnya perpustakaan digital HMI Komisariat Fisip Unsika dalam rangka untuk menarik minat baca masyarakat terlebih kalangan milenial.

Elfa Nurmala, ketua Umum HMI Komisariat Fisip Unsika mengemukakan, kekhwatirannya tentang kondisi budaya literasi dikalangan milenial menurun. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa generasi milenial lebih suka main game dibanding membeli buku atau membaca buku. Dan ini akan mengakibatkan sangat buruk bagi perkembangan budaya literasi di Indonesia,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Senin (13/9).

Elfa menambahkan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi tentunya budaya literasi seharusnya meningkat karena dimudahkan untuk mencari akses informasi. “Perkembangan teknologi informasi, seharusnya menjadi tren yang positif bagi budaya literasi dikalangan milenial karena sangat mudah untuk mengakses informasi. Tetapi pada kenyataannya menjadi anomali, Indonesia sampai saat ini berada di peringkat 62 dari 70 negara,” tambahnya.

Ia menuturkan bahwa melihat hal itu membuat dirinya dan teman-teman pengurus HMI Komisariat Fisip Unsika menjadi gelisah. “Ini menjadi kegelisahan kita bersama, sehingga kita membuat platform perpustakaan digital yang memang tujuannya untuk memudahkan generasi milenial dalam mencari referensi bacaan,” tuturnya.

Elfa menjelaskan, bahwa platform perpustakaan digital HMI Komisariat Fisip Unsika akan terus diperbarui. “Ini kan baru beberapa e-book yang bisa diakses . Setiap hari pasti akan ada proses pembaharuan e-book yang tersedia di platform perpustakaan digital HMI Fisip Unsika. Bagi teman-teman yang mau membaca buku bisa mengakses di https://sites.google.com/view/perpustakaan-hmi-fisip-unsika,” tutupnya. (cr8)