Lomba Guru Berprestasi, Ajang Bergengsi bagi Para Guru Al Irsyad

Ka Bid Personalia dan Pusdiklat, Litbang selaku juri bersama perwakilan juri dari komite sekolah tengah mencermati presentasi perencanaan para kepala sekolah dan waka dalam lomba manajemen sekolah, Kamis (7/4) lalu.

KARAWANG, RAKA- Pesatnya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan, menuntut kesiapan para tenaga pendidik yang andal dan terampil.
Ini tidak terlepas dari transformasi dalam tantangan pendidikan abad ke-21. Guru saat ini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari era sebelumnya. Guru menghadapi cara pembelajaran yang jauh lebih beragam, materi pelajaran yang lebih kompleks dan sulit, standar proses pembelajaran dan juga tuntutan capaian kemampuan berpikir siswa yang lebih tinggi.

Atas dasar tersebut, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang, khususnya melalui bidang Personalia dan Pusdiklat menyelenggarakan Lomba Ajang Guru Berprestasi tahun ajaran 2021-2022 untuk memotivasi guru dalam meningkatkan kompetensinya sehingga siap menyambut tantangan guru abad ke-21. “Setelah sempat kita jeda pelaksanaannya karena menunggu kondisi kondusif. Alhamdulillah tahun ini kita kembali mengadakan Ajang Guru Berprestasi yang rangkaiannya dimulai dengan presentasi program perencanaan dari manajemen sekolah,” ujar Ustadz Ali Rahmat, saat membuka salah satu rangkaian Ajang Guru Berprestasi Kamis, (7/4) di ruangannya.

Dengan diawalinya Ajang Guru Berprestasi melalui cabang lomba manajemen sekolah, terbentanglah potensi kreativitas sebagai figur agar seluruh guru Al Irsyad dapat ikut serta dengan maksimal sepenuhnya. “Diharapkan dengan Ajang Guru Berprestasi (Gurpres) tahun ini akan menjadi wadah untuk menggali produktivitas, kreativitas, dan inovasi guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Selain itu, akan terkumpulnya karya inovasi guru, terukurnya kompetensi manajerial kepala sekolah dan manajemen unit, dan tumbuhnya semangat kebersamaan dalam membangun mutu pendidikan,” ujar Ustadzah Mamik, selaku Ka Bid Personalia dan Pusdiklat.
Mengusung tema “Siapkan Diri Menyambut Tantangan Guru Abad 21 melalui Karya dan Prestasi”, Ajang Guru Beprestasi tahun ini akan berlangsung secara estafet dari mulai Maret sampai Juni 2022 dan diikuti seluruh guru Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Ada beragam lomba yang bisa diikuti, baik itu lomba secara individu maupun lomba secara tim/berkelompok. Ajang ini juga turut melibatkan komite sekolah yang berperan sebagai juri dalam beberapa ajang lomba, salah satunya lomba manajemen sekolah.
Lomba-lomba tersebut di antaranya adalah lomba senam ceria, lomba alat peraga berbasis IT, lomba alat peraga non digital, lomba video pembelajaran, lomba cerdas cermat Alquran, lomba debat Bahasa Inggris, lomba manajemen sekolah, lomba bercerita PAI, lomba ranking 1.

Adapun target yang ingin dicapai, tambah Ustadzah Mamik, terpilihnya 1 senam kreasi guru, terkumpulnya 15 alat peraga pendidikan (3 Dimensi), terkumpulnya 25 alat peraga berbasis IT, terkumpulnya 25 video pembelajaran, lomba cerdas cermat Alquran diikuti 4 grup, lomba debat sehat Bahasa Inggris diikuti 4 grup, lomba ranking 1 diikuti oleh minimal 50 peserta, lomba bercerita materi PAI, dan lomba manajemen sekolah diikuti oleh 1 kepala sekolah dan 1 wakil kepala sekolah. “Di ajang lomba manajemen sekolah, kini tengah tahap presentasi perencanaan, alhamdulillah manajemen seluruh unit bisa berpartisipasi secara aktif, baik itu kepala TKIT, kepala SDIT, kepala SMPIT, maupun kepala SMA-IT, serta juga diikuti waka kurikulum/kesiswaan setiap unit,” pungkasnya. (rls)