Mahasiswa Belajar Atur Keuangan

DISKUSI: Mahasiswa mengikuti diskusi tentang membangun kesadaran finansial yang digelar secara daring oleh mahasiswa yang tergabung dalam HMI Komisariat Unsika, akhir pekan lalu.

Tumbuhkan Kesadaran Finansial

KARAWANG, RAKA- Kesadaran finansial sangat diperlukan terlebih dalam menghadapi krisis ekonomi sekarang ini. Perlu kebijaksanaan dalam mengelola finansial keungan. Ketua Bidang Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fisip Unsika Putri Wahdah mengatakan, masyarakat harus memiliki kesadaran finansial agar keuangan bisa terkola dengan baik. “Pandemi ini membuat kita harus menyadari bahwa kesadaran finansial dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan,” ucap mahasiswi Fisip Unsika ini.

Putri pun menambahkan, bahwa saat ini banyak masyarakat kita belum sadar terkait kesadaran finansial sehingga banyak ketika terjadi krisis ekonomi, mereka kebingungan mencari pinjaman. “Kesadaran untuk investasi untuk masa depan di masyarakat kita masih sangat minim,” tambah dara berjilbab ini.

Ia menuturkan bahwa penting sekali belajar kesadaran finansial bagi masyarakat. Tiap orang berbeda-beda dalam mempelajari kesadaran finansial ada yang melalui buku, film dan lain-lain. Seperti yang dilakukan oleh Putri, dirinya belajar kesadaran finansial dari sebuah film drama Korea Home Twon Cha Cha Cha. “Intinya kita harus punya usaha selain gaji dari pekerjaan kita, sama kita harus menahan diri dari membeli barang mewah,” tuturnya.

Di tempat yang sama Dimas Rizkianto, peserta diskusi mengatakan bahwa keilmuan tentang kesadaran finansial sangat diperlukan bagi dirinya dan tentu masyarakat lainnya, yang memang kadang boros untuk membeli barang barang yang memang bukan menjadi kebutuhan primer. “Sangat terbuka pemikiran saya setelah mengikuti kajian ini, kedepan saya akan mikir-mikir lagi ketika membeli sesuatu karena takut bisa membuat kita susah,” ujar pria berambut klimis tersebut. (cr8)