Narkoba Ganggu Kesehatan

Ludia Novianty

KLARI, RAKA – Narkoba menjadi salah satu penyebab kehancuran pada masa depan seseorang, siswa SMK Sehati yang memiliki nama lengkap Ludia Novianty kelas XI Keperawatan angkat bicara tentang bahayanya narkoba untuk kesehatan. “Bahaya Narkoba sudah tidak diragukan lagi, tidak ada orang yang sehat dan sukses saat mengkonsumsi Narkoba,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (13/2).

Ia menambahkan, Narkoba yang memiliki kepanjangan dari Narkotika dan Psikotropika itu rupanya sudah menghancurkan ratusan bahkan ribuan generasi anak bangsa sampai kehancuran pada rumah tangga. “Karena obat-obatan terlarang dapat menjerat pada proses hukum, dimana seseorang akan kehilangan masa depannya karena harus mendekam di jeruji besi,” tambahnya.

Masih dikatakannya, selain merusak masa depan, konsumsi Narkoba dapat menimbulkan kerusakan serta mengganggu kesehatan pada seseorang. Karena konsumsi narkoba secara berulang dalam jangka panjang akan memicu perubahan pada sel saraf dalam otak, yang kemudian mengganggu komunikasi antar sel saraf. Bahkan setelah konsumsi dihentikan, efek tersebut akan memakan waktu yang tidak sebentar, untuk dapat benar-benar hilang. “Tentunya kita akan seperti orang gila seperti hilang kesadaran,” katanya.

Ia mengaku, untuk menjauhkan diri dari obat-obatan terlarang tentunya banyak cara, salah satunya peran orang tua, dimana orang tua harus mampu mengarahkan serta memberikan contoh baik kepada anak-anaknya. “Orang tua harus memberikan perhatian khusus kepada anaknya, jangan sampai anak-anaknya tidak mampu memilih dan kebingungan dalam menghadapi hidupnya,” akunya.

Selain itu, siswa dapat mengisi kegiatan waktu luangnya dengan aktif di beberapa ekskul dan menjauhakan pergaulan bebas. Karena pergaulan bebas menjadi salah satu awal percobaan dalam mengkonsumsi obat-obatan terlarang. “Sayangi tubuh kita, songsong masa depan dengan menjauhkan dari pergaulan bebas, perbanyak prestasi dan buktikan kalau kita mampu menjadi generasi anak bangsa yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *