Pandu Baru Bergembira

BERGEMBIRA: Sejumlah anak-anak dan pembimbing Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan berolah raga bersama sebelum memasuki pembelajaran materi kepanduan.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

KARAWANG, RAKA – Berbaret hijau, berhasduk hijau strip putih, berkemeja coklat kheki, bercelana biru, sejumlah anak berbaris rapi bersiap mengikuti apel pembukaan pandu baru di lingkungan SMK TI Muhammadiyah 1 Cikampek. Mereka adalah anak-anak kelas X yang mengikuti kegiatan pandu baru Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore itu berlangsung ceria. Anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut tampak bergembira. “Kegiatannya seru, tidak ngebosenin,” ungkap Abdul (16). Ia melanjutkan, selama kegiatan dia sangat bersemangat mengikuti materi yang sudah disiapkan oleh panitia. Menurutnya, kepanduan Hizbul Wathan sangat berbeda dengan kepanduan yang pernah dia ikuti saat SMP. “Di Hizbul Wathan kita benar-benar dididik menjadi pandu muslim sejati. Terutama pasal solat, benar-benar sangat diperhatikan,” tuturnya.

Hal serupa disampaikan oleh Fadli. Menurutnya, pandu Hizbul Wathan selain mengajarkan rasa peduli terhadap sesama, jujur dan tanggung jawab, juga sangat menakankan ketaatan kepada Allah SWT. “Semua kegiatan yang berlangsung bergembira dan menyenangkan, langsung dihentikan saat azan berkumandang. Kita semua langsung ke masjid dan solat. Ini berbeda dengan kepanduan lagi,” tuturnya.

Sekretaris Kwarda Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Karawang Diki Setiadi mengatakan, pandu Hizbul Wathan diajarkan bagaimana meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT. “Ini sangat penting, karena akidah yang kuat akan menghasilkan pandu yang hebat,” tuturnya. Ia melanjutkan, kegiatan diawali dengan apel pagi, kemudian materi tentang Al Islam, Kemuhammadiyah, dan Hizbul Wathan. “Mereka antusias, dan semakin memahami Hizbul Wathan. Terutama sejarah kepanduan di Indonesia” tuturnya. (psn)