Penilaian Akhir Sekolah Gunakan Hape

BUKAN CHATTINGAN: Siswa SMK Domas bermain hape di dalam kelas, tapi bukan sedang chattingan melainkan mengisi soal.

CILAMAYA WETAN, RAKA – Memasuki masa Penilaian Akhir Sekolah (PAS), siswa SMK Indonesia Mas (Domas) terlihat fokus dengan soal-soal yang disuguhkan. Namun ada yang berbeda dari cara mereka saat mengisi soal ujian, sebuah HP android terpampang di genggaman setiap siswa.

Salah satu staf SMK Domas Ndriyanto mengatakan, saat PAS berlangsung, siswa diharuskan membawa HP atau smartphone. Karena dari lima tahun ke belakang, pihaknya telah melaksanakan ujian berbasis teknologi. “Yang pasti hape harus punya, karena memang hape android sudah merupakan kebutuhan yang saat ini hampir dimiliki oleh siswa-siswi. Dan kita manfaat itu untuk menjadi sarana PAS,” ucapnya.

Lebih lanjut, PAS menggunakan media IT banyak manfaatnya, terlebih pihaknya juga ingin memanfaatkan hape android yang dimiliki oleh siswa, sebagai saran pembelajaran. Tujuannya agar kepemilikan hape ini tidak menjadi hal yang negatif. “Domas sudah hampir 5 tahun terakhir melakukan ujian dengan basis IT dan sudah lama meninggalkan ujian mengunakan kertas,” ujarnya.

SMK yang memiliki jurusan TKJ, Perbankan, TSM, TP, TPP. APER dan TKR ini menilai, ujian menggunakan hape dinilai cukup efektif waktu serta irit bahan ujian juga. Di tambah, cara pengerjaannya pun cukup mudah. Bahkan, Domas pun merupakan sekolah pertama di Cilamaya Wetan yang pelaksanaan ujiannya menggunakan komputer atau Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK). “Siswa hanya diberikan token ujian sesuai dengan jurusannya masing-masing,” katanya.

Salah satu siswi kelas 10 Perbankan Dede Ayu Nuranisa mengatakan, pembelajaran menggunakan media IT dirasa menyenangkan. Selain lebih praktis, menggunakan IT ini lebih mudah dan tidak terlalu ribet. “Gak ribet, simple dan praktis,” ujarnya.

Siswi lainnya Umi Hawa, salah satu pelajaran yang paling di sukai ialah sejarah dan program keahlian sesuai jurusan. Dan media IT ini membuat hape android memiliki banyak fungsi selain berselancar di media sosial. “Jadi HP ini memiliki fungsi yang bermanfaat untuk belajar,” ucapnya.

Di tempat yang sama, siswi lainnya Anjelina Putri mengatakan hal serupa. Pemanfaatan hape untuk belajar menjadi lebih bermanfaat dan terarah. Jadi, hape bukan hanya alat bergaya dan untuk medsos aja, nyatanya di tangan orang yang mau berpikir, hape memiliki manfaat lebih. “Kalau digunakan untuk yang bermanfaat, manfaatnya banyak,” pungkasnya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *