PKL Latih Profesionalisme Siswa

TUGAS SEKOLAH: Siswa SMKN 1 Purwasari mengikuti PKL di salah satu instansi pemerintahan. Kegiatan PKL ini tidak hanya sekedar tugas sekolah, tapi juga melatih profesionalisme siswa.

Bukan Hanya Sekedar Tugas Sekolah

PURWASARI, RAKA – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membentuk profesionalisme diri, salah satunya dengan melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL). Siswa SMKN 1 Purwasari Siti Masitoh mengatakan, PKL menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan, khususnya saat memasuki kelas XI. “Karena setelah memasuki kelas XII pasti kita disibukan dengan tugas akhir sekolah,” ucapnya, saat berbincang dengan Radar Karawang, Selasa (7/12).

Ia menambahkan, PKL tidak sebatas menggugurkan tugas kewajiban sekolah. Selama masa menjalankan PKL, banyak hal yang ia dapat salah satunya pengalaman dalam melakukan pekerjaan profesional. Sedikit demi sedikit, ia mulai bisa membangun mental serta membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. “Disini mental dan kualitas komunikasi kita diuji,” tambahnya.

Hal serupa disampaikan oleh Risma Maharani, ia tidak pernah menyia-nyiakan waktunya selama masa PKL. Sedikit banyaknya ia sudah mulai menguasi pengoperasian komputer, karena pelayanan tempat ia PKL nya memaksa ia untuk piawai dalam mengoperasikan komputer. “Awalnya dipaksa, dan akhirnya terbiasa deh,” ungkapnya.

Ia juga berharap, pengalaman selama masa PKL nya dapat berguna dan meningkatkan profesionalisme setelah lulus sekolah nanti. Apalagi ia memiliki rencana untuk bekerja setelah lulus sekolah nanti. “Jangan malas belajar, terus berusaha supaya bisa menjadi bekal saat kita mencari pekerjaan nanti,” pungkasnya. (mal)