SDN 1 Purwasari Punya Satgas dan Dokter Kecil

LATIHAN : Dokter kecil SDN 1 Purwasari saat mendengarkan pengarahan dari guru pembimbing.

PURWASARI, RAKA – Jelang perlombaan sekolah sehat yang akan diikuti di tingkat Jawa Barat, SDN 1 Purwasari bentuk Satuan Petugas (Satgas) yang bertugas untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih.

Pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDN 1 Purwasari Tri Subekti mengatakan, pembentukan tim satgas merupakan salah satu syarat dalam mempersiapkan perlombaan sekolah sehat yang akan diikutinya pada beberapa hari ke depan. “Insya Allah, tanggal 20 November kegiatannya sudah dimulai, tentunya lingkungan sekolah kita akan dilakukan penilaian,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (7/11).

Ia menambahkan, satgas yang dibentuk memeiliki peran masing-masing mulai dari satgas anti kekerasan, satgas anti narkoba, satgas jajanan kantin, dan satgas kebersihan taman. “Jadi setiap satgas ada empat dokter kecil dan satu guru pembina, dari pembentukan satgas ini dokter kecil akan diberikan tanggungjawab,” tambahnya.

Ia mengaku, dengan dibentuknya satgas tersebut siswa mampu lebih percaya diri serta mampu menjaga lingkungan sekolahnya lebih sehat lagi. Hal itu dilihat dari kondisi lingkungan sekolah yang sudah terbebas dan sampah dan asap rokok. “Kemarin saja satgas kebersihan menegur satpam sekolah untuk mematikan rokoknya, artinya mereka sudah mulai mengerti dan sadar bahwa lingkungan sekolah harus terjaga kebersihannya terutama dari bahayanya asap rokok,” akunya.

Pihaknya berharap, kualitas lingkungan yang sudah terbangun tersebut bisa terus dilakukan, menurutnya selain dapat meningkatkan kesehatan siswa, juga dapat meningkatkan mental serta peranan siswa untuk lebih aktif dan terbangunnya mental yang baik. “Karena selama persiapan perlombaan ini benar-benar terasa perubahannya, siswa bisa lebih aktif, kreatif dan percaya diri dengan apa yang dilakukannya,” paparnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Purwasari Iin Indriati mengungkapkan, pihaknya selaku petugas kesehatan ikut terlibat dalam persiapan perlombaan sekolah sehat dengan memenuhi fasilitas kesehatan mulai dari tempat cuci tangan, tong sampah, persediaan sikat gigi, dan banyak lainnya. “Artinya, selain kita memberikan pembinaan kesehatan, kita harus mendorong dari segi fasilitas, karena target kita harus bisa masuk kategori juara agar kemudian bisa mengangkat nama baik Kecamatan Purwasari khusunya menciptakan lingkungan yang sehat,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *