GERBANG SEKOLAH

Sekolah Cetak Wirausaha

P5 SMKN 1 Tirtamulya Ambil Tema Kebekerjaan dan Kebhinekaan

TIRTAMULYA, RAKA- Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) I Tirtamulya menggelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kebekerjaan dan kebhinekaan. Dalam acara ini siswa-siswi menampilkan baju adat dan tarian adat daerah serta makanan khas daerah. Hal ini bertujuan menumbuhkan kecintaan dan melestarikan terhadap budaya lokal Indonesia.
Pembina kesiswaan SMKN 1 Tirtamulya Maryana mengatakan, dalam kegiatan P5 ini diikuti seluruh siswa kelas X dan XI dengan menampilkan baju adat, tarian adat daerah serta makanan khas daerah yang sudah dipilih oleh masing masing kelas dan kegiatan ini pun berjalan dengan lancar dan meriah. “Siswa-siswi kelas X menunjukan makanan khas daerah di Indonesia dan untuk siswa siswi kelas XI membuka bazar dengan menjual makanan dan minuman, mulai dari cilok goang, wonton, piscok, donat, capcin, lemon tea, es jeruk dan lain lain. Makanan ini langsung dibuat oleh siswa-siswi dengan bahan baku sederhana dan mudah didapat yang bisa dipasarkan saat bazar ini,” terangnya, pada Jumat (21/6).
Maryana menjelaskan, kegiatan P5 bertujuan untuk menciptakan siswa yang mampu menerapkan profil pelajar pancasila yang cinta tanah air dengan mengimplementasikan praktik dengan memakai pakaian adat dari beberapa daerah sehingga menjadi pengetahuan baru bagi seluruh siswa untuk mengenal ragam budaya di Indonesia. “Untuk menumbuhkan kecintaan dan melestarikan terhadap budaya lokal Indonesia dan untuk kegiatan SPW (sekolah pencetak wirausaha) bertujuan melatih siswa belajar mengenai wirausaha mulai dari memanajemen waktu, persiapan bahan baku, dan penjualan. Dengan demikian maka dapat menumbuhkan jiwa usaha kepada siswa-siswi,” tutupnya. (zal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights