Siswa SMA Adu Wawasan Kebangsaan

CERDAS CERMAT: Sejumlah siswa SMA mengikuti lomba PPKn di UBP, kemarin.

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA – Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila. Generasi penerus wajib paham dan mengerti. Karena itulah Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Buana Perjuangan (UBP) mengajak para generasi muda untuk mengasah wawawasan kebangsaan melalui Gebyar Civic yang digelar di ruang seminar Gedung Rektorat UBP, Kamis (21/11).

Ketua Pelaksana Hima PPKn UBP Lia Anita mengatakan, generasi muda saat ini khususnya siswa sekolah menengah cenderung menganggap PPKn sebagai mata pelajaran yang membosankan. Dengan kegiatan ini, dia ingin membuktikan bahwa PPKn tidak demikian, melainkan banyak hal menarik jika ingin digali lebih dalam. “Yang saya harapkan kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan mengenai PPKn,” ungkapnya.

Ia memaparkan, dalam Gebyar Civic ini para siswa diajak beradu wawasan melalui lomba cerdas cermat, mereka juga difasilitasi untuk tampil menunjukkan seni dan kreatifitasnya melalui lomba baca puisi dan lomba poster. Semua lomba tersebut bertemakan kebangsaan sesuai dengan tema acara, yakni menyiapkan diri untuk Indonesia Emas. “Karena pesertanya sendiri merupakan siswa SMA sederajat yang ada di Karawang,” tuturnya.

Ketua HIMA PPKn Fani Juantika Fahmi menjelaskan, ditentukannya siswa SMA sebagai peserta karena usia mereka memasuki usia produktif. Ia juga menimbang bahwa Indonseia saat ini sedang mengalami bonus demografi dengan melimpahnya usia produktif. “Selain menghadapi revolusi industri, Indonesia juga menghadapi bonus demografi, dengan kontestasi ini kita mempersiapkan siswa-siswa untuk menghadapi daya saing yang tinggi (dalam dunia kerja) nantinya,” terangnya.

Ia menambahkan, dari pembicaraannya dengan MGMP PPKn Kabupaten Karawang, diketahui bahwa di Kabupaten Karawang sangat jarang ada kegiatan yang bertemakan PPKn. Sebab itu, dia merasa perlu PPKn muncul dalam kegiatan-kegiatan perlombaan salah satunya dengan Gebyar Civic. Adanya lomba cerdas cermat bertemakan PPKn, menurutnya juga merupakan gebrakan baru di Karawang. Ia menekankan bahwa siswa-siswi juga dapat berprestasi dari mata pelajaran PPKn, bukan hanya mata pelajaran eksak yang saat ini cenderung lebih banyak kegiatannya.

Guru PPKn, Rahmawati Sakinah yang tengah mendampingi anak didiknya dari SMAN 5 Karawang, mengatakan sangat jarang kegiatan yang melibatkan siswa bertemakan PPKn. “Ya sangat bagus lah, memotivasi anak-anak juga, pembelajaran PPKn itu bukan hanya di sekolah saja, tapi ada di luar juga,” ujarnya.

Ketua MGMP PPKn Kabupaten Karawang Irwa Sugiri mengaku tidak tahu menahu ada kegiatan tersebut. “Kami tidak dilibatkan dan tidak diberi tahu ada kegiatan ini,” ungkapnya. (cr5)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *