Siswa Tidak Punya Handphone Tetap Bisa Belajar

PANTAU SISWA: Guru SMAN 1 Ciampel memantau keaktifan belajar siswa selama belajar di rumah. Berbagai cara dilakukan agar semua siswa bisa mengikuti pembelajaran, termasuk siswa yang tidak memiliki handphone.

CIAMPEL, RAKA – Untuk mempermudah siswa dalam belajar, SMAN 1 Ciampel melakukan berbagai cara bagi siswa yang tidak memiliki smartphone selama pembelajaran dalam jaringan (daring).

Guru SMAN 1 Ciampel Leni mengatakan, sampai saat ini aktifitas belajar masih dilakukan melalui online baik via chat Whatsapp sampai tatap muka melalui aplikasi video. “Karena memang sampai saat ini masih diberlakukannya daring, mau tidak mau kita belajar lewat online,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (6/8).

Ia menambahkan, kegiatan belajar daring tersebut tentunya berjalan baik-baik saja, akan tetapi untuk siswa SMAN 1 Ciampek masih ditemukan banyak siswa yang tidak memiliki smartphone. “Bahkan ada yang datang orang tua siswanya dan melakukan pengaduan karena tidak memiliki HP,” tambahnya.

Leni mengaku, dari hal itu pihaknya terus berupaya agar siswa bisa tetap belajar meskipun tidak menggunakan handphone salah satunya dengan meminta informasi kepada teman. Rata-rata lokasi tempat tinggal siswa berdekatan satu sama lain. “Jadi siswa yang punya HP saya minta untuk tetap memberikan informasi kepada siswa yang tidak memiliki HP, kalau untuk wilayah Ciampel rata-rata mereka satu wilayah atau satu kampung, jadi saling berdekatan,” akunya.

Masih dikatakan Leni, pihaknya juga memberikan pinjaman buku kepada siswa agar tetap bisa belajar selama masa pandemi Covid-19. “Ya kita selaku guru terus berusaha supaya siswa bisa tetap belajar. Harapan kami ya satu, mudah-mudahan Covid-19 ini bisa secepatnya hilang dan bisa belajar di sekolah lagi,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *