GERBANG SEKOLAH

Siswi SMK Perbankan Jago Tari Jaipong

KUTAWALUYA, RAKA- Goyang jaipongan semakin erat dengan siswi SMK Perbankan Indonesia Kutawaluya. Selama tiga tahun Ekstrakulikuler seni ini berjalan, anggotanya semakin semangat berlenggok menyuguhkan tarian khas Sunda ini.

Rosalia, siswa SMK Perbankan Indonesia mengatakan, tiga tahun ekstrakulikuler jaipongan ini berjalan membuatnya semakin cinta kesenian, baginya, jaipongan merupakan kesenian yang paling disukai dibanding komunitas lainnya. “Gabung dari kelas X saya tidak pernah bosan berlenggok jaipongan,” katanya.

Sebelum gabung, dirinya sama sekali tidak tahu cara berlenggok dan tariannya, namun sejak masuk SMK dan gabung sampai saat ini dia mahir dalam kesenian tersebut, dirinya tidak pernah tertinggal saat ada even. “Jadi suka dan sekarang ikut melatih siswi baru,” katanya senang.

Ada hal yang disukainya dari tari jaipong, yaitu apik dan sopan, khususnya cara berpakaian dan tata krama yang harus dibawa penari. Bahkan, yang membuatnya semakin semangat, setiap kali ditampilkan jaipong, antusias siswa pasti bertambah. “Saat ada yang mau ditampilkan, pasti siswa antusias,” ujarnya.

Arin Triana, siswi lainnya yang ikut aktif dalam seni jaipong SMK ini mengaku, mengikuti satu gerakan saja bukan hal mudah, masalahnya ia juga pernah iseng melakukan tari sendiri, tapi nyatanya cukup sulit untuk di praktekan. “Ternyata kalau tanpa pelatih susah juga,” katanya.

Siswa lainnya, Wulansari mengatakan, tari jaipong ini menuntut penarinya agar tetap semangat dan fokus, karena semua anggota badan harus bergerak sesuai irama, nada dan kendang. Lebih jauhnya, manfaat dari komunitas jaipong ini adalah menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. “Selain seninya, kita juga dapat manfaat olahraganya,” pungkasnya. (rok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights