SMK Minnatul Huda Punya Empat Jurusan

SISWA BARU: Sejumlah calon siswa baru Pondok Pesantren Minnatul Huda mendaftar. Pendaftaran di sekolah ini dilakukan secara offline dan online. Sekolah ini memiliki jenjang dari mulai SD, SMP/MTs dan SMK.

Pendaftaran Sudah Dibuka

PURWAKARTA, RAKA – Sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta sudah membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Salah satunya Pondok Pesantren Minnatul Huda. Pesantren yang berada di Kampung Cibogopentas, Desa Cibogohilir, Kecamatan Plered ini, membuka pendaftaran melalui offline dan online.
Ketua Pendidikan Yayasan Minnatul Huda Nizar Maulana Malik mengatakan, PPDB dilakukan secara online dengan mengakses http://bit.ly/PendaftranMinnatulHuda, juga offline dengan membawa sejumlah persyaratan ke sekolah atau Pondok Pesantren Minnatul Huda. “PPDB sudah buka. Yang minat, silakan daftar melalui online maupun offline,” ujarnya, belum lama ini.

Dia mengatakan, pihaknya menyediakan tiga jenjang pendidikan formal, yaitu SD, MTs/SMP dan SMK. Ketiga jenjang itu menerima kuota 30 orang untuk SD, MTs/SMP 160 orang dan SMK 200 orang. “Khusus untuk SMK kami menyediakan empat jurusan, yakni Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan dan Agrobisnis. Di jenjang SMK juga kami menyediakan beasiswa bagi siswa kurang mampu. Tahun kemarin ada 30 orang,” ujar pria yang akrab disapa Kang Nizar tersebut.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat wilayah IV Ai Nurhasan mengatakan, jumlah tersebut sesuai daya tampung sekolah yang ada di daerah ini. Pada tahap pertama yang telah dibuka terdapat 16.000 siswa yang mendaftar, namun yang diterima hanya 7.000 siswa. “Pada tahap kedua juga sama 7.000 siswa, jadi total 14.000,” katanya.

Siswa lulusan SMP atau sederajat yang tidak diterima pada tahap pertama, lanjutnya, dapat kembali mendaftar pada tahap kedua. Bila di tahap kedua masih tidak diterima, maka akan disalurkan ke sekolah swasta yang berada di Kabupaten Purwakarta. “Teknisnya seperti itu, sekolah swasta di Purwakarta cukup banyak dengan beragam jurusan,” tambahnya. (gan)