SMPN 1 Telukjambe Barat Ingin Dipindahkan

LANGGANAN BANJIR: Banjir besar yang terjadi, Sabtu (20/2) kemarin merendam SMPN 1 Telukjambe Barat. Banjir besar ini merendam gedung sekolah hingga atap. Hampir setiap tahun sekolah ini selalu kebanjiran.

Sering Terendam Banjir

KARAWANG, RAKA – Sarana SMPN 1 Telukjambe Barat rusak akibat banjir di Desa Karangligar. Seringnya kebanjiran, pihaknya menginginkan agar bangunan sekolah dipindahkan.

Banjir bukan hanya berdampak pada kehiduapan masyarakat, hal itu juga berdampak di bidang pendidikan. Salah satu sekolah di Desa Karangligar mengalami kerugian banyak. Sekolah tersebut yakni SMPN 1 Telukjambe Barat. Seluruh bangku, kursi, alat- alat elektronik rusak. “Yang keabisannya semacam bangku, meja ada lagi elektronik-elektronik,” ujar Dudung, staf Tata Usaha SMPN 1 Telukjambe Barat, Senin (22/2).

Akibat laptop rusak data nilai murid menjadi hilang. Nilai tersebut dipergunakan untuk mengisi rapor dan ijazah. Beruntung ijazah dan rapor berhasil ia bawa ke rumah dan kemudian diamankan di lantai dua rumahnya. Hal tersebut karena rumahnya pun ikut terendam banjir. Total siswa di sekolah ini sebanyak 700 lebih. Ketinggian banjir yang menggenangi SMP setinggi enam meter. Masih terdapat data nilai yang terselamatkan. Hal tersebut karena beberapa guru masih sempat membawa pulang laptop ke rumah masing- masing.

Pihak sekolah ingin memindahkan bangunan. Hal ini karena setiap tahun sekolah selalu terendam banjir. Saat Rabu (17/2) pihak sekolah melakukan pembersihan dari sisa banjir episode pertama. Rencana pihak sekolah akan memindahkan gedung ke Dusun Jati. Pihak sekolah hingga saat ini masih mencari lokasi yang tidak memiliki potensi banjir.

Salah satu orang tua siswa mengungkapkan bahwa banjir kali ini sangat menimbulkan banyak kerugian. Ia berharap agar permasalahan ini dapat diatasi. Harapan yang ia ungkapkan memiliki tujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat proses menerima rapor. “Ya semoga bisa ada solusinya sih biar gak kayak gini lagi,” ungkap Muslimah, orang tua siswa. (cr6)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka