Tak Lelah Belajar

Enur Melani Putri

KARAWANG, RAKA – Tidak ada satupun mahasiswa sukses di kampus jika malas buku. Artinya, jika malas baca sudah dipastikan fakir ilmu. Bodoh alias madesu. Sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi, buku tidak sekadar dibaca. Harus lebih dari itu.

Namun, kenyataannya ruang-ruang diskusi masih sangat jarang dipenuhi oleh para mahasiswa. Perpustakaan kampus tidak seramai mal atau cafe. Apalagi budaya menulis. Masih jauh panggang dari api. Secercah harapan terlihat di perpustakaan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. kemarin, beberapa mahasiswi terlihat sedang asyik membaca dan berdiskusi.

Enur Melani Putri, mahasiswa UBP mengatakan, perlu ada upaya yang dilakukan mahasiswa untuk merubah tatanan masyarakat menjadi lebih baik. Diantaranya membaca lalu diaplikasikan. “Peningkatan kualitas diri sangat penting. Makanya saya selalu berusaha untuk menumbuhkan budaya intelektual dengan membaca, berdiskusi dan menulis,” ujarnya kepada Radar Karawang.

Ia mengaku, tradisi intelektual seperti membaca, diskusi, dan menulis tidak bisa dilakukan seorang diri, melainkan melibatkan banyak orang. “Biar ada lawan bicara, jadinya kita belajar bersama teman sekelas. Biar bisa tukar ide dan gagasan, sehingga daya analisa semakin tajam,” tuturnya. (acu)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *