Tambah Pengalaman dan Pengetahuan

PRAKTIK LAPANGAN: Dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Cikampek ikuti PKL di kantor Desa Wancimekar.

KOTABARU, RAKA – Dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Cikampek mengaku banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru selama mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) yang tidak didapatkan selama belajar di kelas.
Salah seorang siswa Kelas XI jurusan OTKP 1 Revalina Fauziah mengatakan, baru tiga minggu ini ia melaksanakan tugas PKL di kantor Desa Wancimekar di bagian pelayanan umum. “Dan alhamdulillah tempat PKL aku ini susuai jurusan sekolah, jadi tidak kaget atau kaku,” ucapnya, baru-baru ini.

Meskipun baru beberapa hari PKL, ia sudah menganggap kantor desa sebagai tempat ia belajar dan menambah pengalaman, terutama merasakan kerja profesional ditingkat pemerintahan. “Kita harus bisa memahami berbagai pelayanan yang dilakukan warga. Pusing tapi menyenangkan sih,” terangnya.

Hal serupa disampaikan oleh Safira Nurazmi, kelas XI OTKP 2, di masa pandemi ini, pihak sekolah hanya menerapkan masa PKL selama tiga bulan, sehingga ia harus memanfaatkan waktu singkat itu untuk terus berbenah diri. “Karena PKL ini 100% kita diajarkan kerja teknis, jadi bukan sekedar teori saja,” ungkapnya.

Yang lebih menantang dalam melaksanakan PKL, tambah Safira, yaitu pada pembuatan laporan. Menurutnya hal itu akan benar-benar melatih kemampuanya, di mana ia harus menuangkan pekerjaannya selama PKL menjadi sebuah karya tulis ilmiah. “Terus perbaiki diri dan jangan malas belajar, ini semya untuk bekal kita setelah lulus sekolah nanti,” pungkasnya. (mal)